​2018 Rencananya Alun-Alun Garut Akan Dipercantik

222
Ket Foto: Bupati Garut saat memperlihatkan skema Alun-alun yang rencananya akan dipercantik

GARUT, (KF).- KETERSEDIAAN Ruang publik Di Kabupaten Garut masih minim. Di wilayah perkotaan Garut hanya tersedia satu ruang publik, yaitu lapang Otto Iskandardinata atau alun-alun Garut. Demikian disampaikan Bupati Garut, Rudy Gunawan, Selasa (8/8/2017). 

Menurut Bupati Rudy, minimnya ruang publik tersebut membuat masyarakat tidak memiliki banyak tempat untuk bersosialisasi atau berkreasi tanpa mengeluarkan biaya. Oleh karena itu, tahun 2018 alun-alun akan dirombak total. Lapang yang biasa digunakan upacara memperingati hari-hari besar itu, dan yang terletak di pusat kota tersebut akan ditata sedemikian rupa agar menjadi tempat yang lebih nyaman, aman dan tentunya akan dinikmati oleh masyarakat banyak, 

“Tidak akan ada bangunan yang dirubah atau dibongkar. tetapi sekitar alun-alun itu akan ditata lebih baik. Upacara pun masih bisa dilakukan disana. Pokoknya kalau lihat gambar, disana itu akan lebih asri, penjagaannya pun harus betul-betul,” katanya.

Lanjut dikatakan di alun-alun itu pun masih bisa digunakan acara keagamaan, tempat kumpul warga Garut atau pun untuk bermain anak. Dan program rekonstruksi alun-alun Garut ini merupakan program Pemerintah Pusat dalam rangka penataan kota atau asset Daerah. 

Dimana anggarannya pun yang dikucurkan nanti berasal dari pusat. “Kalau nilainya masih dihitung, hanya saja program ini akan dilaksanakan pada tahun 2018 mendatang,” Ujarnya. 

Berdasarkan Rencana Tata Bangunan dan Lingkungan di tanah Pemerintah Daerah terkait rencana rekonstruksi alun-alun ini, kata Bupati, sudah pada tahap Detail Engineering Design (DED). Ketika sudah dibangun, selain lapangan akan ada beberapa fasilitas lain di alun-alun itu, di antarnaya air mancur, tempat bermain anak, plaza dan beberapa fasilitas publik lainnya. “Nah ini bisa mempercantik daerah perkotaan termasuk Babancong yang menjadi ikon Garut. Kami ingin menjadikan Garut itu kota layak anak, dari beberapa spot ini kita menggunakan untuk permainan,” Paparnya. (Indra R)

BAGIKAN