​Bangkitlah Garut ! Porkab Akan Digelar 19 November 2016

489

KF- Pelaksanaan Pekan Olah Raga Kabupaten (Porkab) Garut akan diselenggarakan pada 19 November 2016 mendatang. Namun kepastian jumlah cabang olahraga yang akan dipertandingan 
akan ditentukan pada minggu ini bersamaan dengan realisasi dari masing-masing kecamatan.

Demikian disampaikan sekretaris umum KONI Garut, Abdusy Syakur Amien di Kampus Uniga, Kamis (13/10/2016). Menurut Rektor Universitas Garut itu, sebelumnya Porkab akan digelar pada September lalu, namun waktunya bersamaan dengan Pekan Olah Raga Nasional (PON) XIX di Jawa Barat. 

“Ahirnya Porkab akan dibuka pada Sabtu tanggal 19 November 2016. Tetapi tanggal ini pun masih bisa berubah, misalnya diundur hingga akhir November. Namun yang pasti waktunya tidak mungkin dimajukan,” katanya. 

Syakur menuturkan, Porkab merupakan amanat hasil Muscab Olahraga Tahun 2014, yang mengamanatkan bahwa pada tahun 2016 ini harus melaksanakan Porkab yang merupakan agenda rutin pengurus Koni empat tahunan. Porkab ini sangat penting dan strategis bagi pengembangan olah raga di Kab. Garut karena ini merupakan proses pembibitan. 
“Jadi kita dari Garut akan tahu mana-mana atlit yang berpotensi, pembibitan, pengembangan, pembinaan dan lain-lain. Kemarin kita mendapat kendala dari penundaan penyaluran DAU untuk Pemkab Garut. Tetapi informasi yang kami terima, Alhamdulillah dana untuk Porkab ini sudah aman,” kata Syakur optimis. 

Menurutnya persiapan Porkab ini sudah lama, karena Porkab ini ada beberapa hambatan yang harus  ditempuh. Misalnya pengisian formulir A1 yang mengidentifikasi cabang olahraga yang akan dipertandingkan, karena tidak semua cabor dapat dipertandingkan. 
“Kami menyebarkan formulir ke tiap-tiap kecamatan untuk mengisi cabor-cabor yang akan dipertandingkan,Lalu kami rekapitulasi. Karena setiap cabor harus diikuti minimal oleh lima kecamatan. Kalau pesertanya kurang dari lima kecamatan, maka cabor itu otomatis dicoret dan tidak dipertandingkan.” ucapnya.

Syakur berharap, segala sesuatu administrasi terkait cabang olah raga, nomor-nomor yang akan dipertandingan termasuk nama-nama atlit dan identitas lainnya akan tuntas akhir bulan Oktober 2016 ini. 

“Pokoknya segala sesuatu administrasi tentang Porkab ini beres bulan ini.” katanya.

Sambung Syakur, setelah perihal administrasi tuntas, maka Koni akan melangkah kepada persiapan-persiapan di antaranya penentuan venue, panitia pelaksana, anggaran setiap cabor, dan lain-lainnya. 
“Perlu diketahui penyelenggara Porkab ini sejatinya adalah cabang olahraga karena mereka punya kapasitas, punya wasit, punya juri dan mereka sudah terbiasa. Kami hanya koordinir saja,” tuturnya. 

Lebih jauh Syakur mengungkapkan, jadwal ini belum final karena Koni juga belum koordinasi dengan Bupati, Wakil bupati atau Sekda dan pihak-pihak lainnya terkait penentuan jadwal ini.

 “Hanya saja yang pasti Koni optimis Porkab dapat terselenggara tepat pada waktunya, Karena Bupati juga berharap Porkab ini lebih meriah. Sekarang Garut harus bangkit,” pungkasnya. (J Gunawan)

BAGIKAN