​BUMDES Sukatani, Wisata Alam Berbasis Ekosistem Terpadu 

2013

Ket Foto : Curug ABEH dengan keindahan tanaman Anggrek di desa sukatni

GARUT, (KF).-Desa Sukatani, kecamatan Cilawu, kabupaten Garut, Jawa Barat, Rencananya akan menjadi salah satu sentral tanaman anggrek yang akan dikelola Bumdes Sukatani, pada tahun ini, pasalnya tanaman anggrek yang bernilai ekonomis tersebut banyak sekali ditemukan disekitar kaki gunung Cikuray.

Yusuf Akbar, ketua unit wisata dibumdes tersebut mengatakan, banyaknya tanaman anggrek diwilayah kaki gunung Cikuray merupakan komoditas yang bernilai jual ekonomis, juga dapat dikembangkan menjadi di salah satu sumber pendapatan bagi warga masyarakat, 

“Kurang Lebih 40 jenis tanaman anggrek yang berada diwilayah kami akan dibudidayakan masyarakat, Sebagai bagian program Bumdes Sukatani dalam menciptakan, pelung usaha berbasis kerakyatan,” Katanya. Saat ditemui di Bumdes Sukatani (29/4/2017) pagi.

Lanjut ia dengan adnya wisata yang mengusung tema ” Wisata berbasis ekosistem terpadu diharapkan mampu melestarikan keberadaan hutan sebagai penopang kehidupan masyarakat, dan dimanfaatkan maksimal untuk meningkatkan perekonomian masyarakat tanpa merusak alam.” Ujarnya. 

Lebih jauh dikatakan, konsentrasi pembudidaya tanaman anggrek tersebut, berad dikawasan Curug ABEH, yang berada tepat di kaki gunung Cikuray. Diharapkan kawasan wisata Curug ABEH menjadi sentra budidaya tanaman anggrek yang dihasilkan masyarakatnya dengan pengelolaan Bumdes Sukatani. Tandasnya (dra R)


BAGIKAN