​Damkar Sosialisasikan Alat Pemadaman Api Ringan 

175

ket foto : saat simulasi pemadaman kebakaran dihalaman kantor kecamatan Garut kota(foto: Indra R) 

GARUT, (KF).-Dalam rangka penanggulangan bencana kebakaran, Dinas Pemadam Kebakaran sosialisasikan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) dan simulasi pemadam kebakaran di Kantor Kecamatan Garut kota,  kabupaten Garut, Jawa Barat.  Rabu(26/4/2017) siang. 

sosialisasi tersebut hampir diikuti seluruh aparatur diwilayah kerja kecamatan Garut kota. 

Saat ditemui,  Entang Surahman selaku Kepala bidang pencegahan pada Dinas Pemadam Kebakaran(DAMKAR), mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk mensosialisasikan Alat Pemadaman Api Ringan, juga penanganan simulasi pemadaman kebakaran. 

“kegiatan sosialisasi Alat pemadaman api ringan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada aparat kecamatan, babinsa, babinkantibmas, kemudian aparat kelurahan supaya mampuh menggunakan APAR, juga bisa menebarkan kemampuan kepada masyarakat diwilayah kerjanaya, ” Katanya

Entang mengatakan, dengan mengetahui pemahaman fungsi APAR ini,  kita bisa meminimalisir terjadinya kebakaran. 

“Mulanya kebakaran itu kan dari api kecil, dan kita berusaha memeberikan pemahaman edukasi kepada masyarakat melalui aparatur ditingkat kecamatan dan kelurahan/desa agar ketika ada kebakaran kecil bisa ditanggulangi agar kebakaran-kebakaran yang terjadi tidak membesar. Makanya kita memberikan arahan melalui sosialisasi ini, ” Ujarnya

Lebih jauh lagi dikatakan Entang,  kebakaran yang terjadi pada umumnya atas dasar kepanikan-kepanikan dan ketidak tahuan cara penanggulangan secara lininya akhirnya kebakaran api bisa membesar.

” untuk sosilaisai APAR ini kita baru melakukannya ditingkat kecamatan namun untuk kedepannya insaallah ditahun ini kita akan sosilaisasikan di 11 kecamatan dengan melibatkan babinsa, babinkantibmas, juga aparat desa/kelurahan lainnya,” Paparnya (dra R) 

BAGIKAN