​Fakultas MIPA dan Teknik Uniga Gelar Seminar Guru BK SMA dan SMK 

174

GARUT, (KF).- Bertempat di Kampus MIFA Universitas Garut (Uniga) Jl. Jati Tarogong Kaler Garut, Sabtu (18/02) Fakultas Matematika & IPA (MIFA) dan fakultas Teknik Universitas Garut menggelar Seminar Guru BK SMA dan SMK se Kabupaten Garut, dengan mengundang narasumber Prof Dr. H. Mohamad Surya sebagai pemateri.

Seminar bertema “Mempersiapkan Generasi Emas melalui layanan Bimbingan dan Konseling” ini, dihadiri oleh Dekan Fakultas Teknik Uniga Drs. H. Muhtar, M.Si, Ketua Yayasan, serta Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan Dra. Hj. Empat Fatimah, serta para guru BK di lingkungan SMA dan SMK di Kabupaten Garut. 

Dalam sambutanya, Ketua Yayasan Dra. Hj. Empat Fatimah  mengungkapkan, Seminar ini adalah refleksi kerjasama yang terjalin selama ini antara Guru BK SMA dan SMK se Kabupaten Garut, dengan Fakultas Mipa dan Teknik Uniga. 

Seminar ini selalu diselnggarakan setiap tahun, karena membangun karakter manusia dibentuk melalui suatu proses pendidikan yang panjang dan kompleks. Keluarga, sekolah, masyarakat adalah pendidikan semesta yang merupakan tempat dibentuknya pendidikan karakter. 

Menanamkan karakter, menurut Empat, memerlukan pelatihan dan pembiasaan, keteladanan dan pengkondisian, mengajar dengan sepenuh hati serta harus masuk dalam kalbu dan jiwa setiap orang. Membangun karakter di dunia pendidikan bukan sekedar sebuah sistem nilai, sebab membangun karakter tidak dapat didelegasikan.

“Pendidikan karakter dimulai dari pimpinan dan harus dapat menyentuh pada diri tiap orang dalam institusi,” ungkapnya, 

Dikatakannya, peran bimbingan dan konseling dalam pendidikan karakter, adalah mengembangkan lingkungan sekolah yang kondusif, meningkatkan komunikasi dengan orang tua, dan menyelenggarakan layanan bimbingan konseling untuk pengembangan kemampuan berpikir positif dan soft skills. (Jay).

BAGIKAN