​Jelang Adipura DLHKP Kab.Garut Siapkan Beberapa Titik Pantau 

217

Ket Foto : Sekertaris Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan Pertamanan (DLHKP) Kabupaten Garut. H.Guriansyah 

GARUT, (KF).- Jelang persiapan penilaian Adipura tahun 2017 untuk memperebutkan penghargaan bergengsi dalam bidang kebersihan, Dinas DLHKP kabupaten Garut terus berupaya mempersiapkan titik pantau yang jadi andalan DLHKP didalam meraih penilaian. 

Sekertaris pada Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan Pertamanan (DLHKP) Kabupaten Garut. H.Guriansyah saat ditemui dikantornya mengatakan, pihaknya tengah mempersiapkan beberapa titik yang akan menjadi andalan didalam meraih penghargaan dalam penilaian, “meskipun kita bukan tujuan akhir didalam mencapai itu, namun tujuan akhir kita bagaimana peningkatan kwalitas lingkungan ini dapat tercapai melalui program Adipura ini,” Katanya, Kamis(13/4/2017) Siang.

Lanjut ia adapun titik pantau yang krusial, menjadi entri poin daripada program Adipura ini yaitu di TPA pasir Bajing, ” kan kalau dianalogikan pada ibadah, TPA pasir Bajing itu dianggap sholatnya, sepanjang sholatnya tidak diterima ibadah-ibadah lainnya, ya tidak mendapatkan penilaian. Sepanjang TPA ini mampu memberikan penilaian yang sudah ditetapkan, titik-titik pantau insaalloh itu memberikan pendukungan yang cukup signifikan terhadap penilaian akhir dalam P2 ini untuk kabupaten Garut,” Ucapnya 

Lebih jauh lagi dikatakan Guriansyah, setiap tahun kabupaten Garut selalu masuk dalam verifikasi dan tentunya penilaian akhir tetap berada di kementerian lingkungan hidup dan kehutanan, ” apakah kabupaten Garut masih dianggap layak untuk mendapatkan Adipura meskipun secara keseluruhan Adipura ini bukan lomba kebersihan, akan tetapi ada beberapa penilaian-penilaian yang cukup signifikan didalam memberikan akhir nilai terhadap kabupaten/kota yang ada di Indonesia, dan kabupaten Garut masih masuk kategori kota kecil, dan persiapannya tentunya kami harapkan semua elemen dan komponen masyarakat yang ada Dikabupten Garut, ikut mendukung terhadap apa yang menjadi program dari pemerintah (Adipura red) agar tujuan akhir ini dapat tercapai, “Ujarnya.

Kedepan peningkatan kwalitas lingkungan ini dapat kita raih dan tentunya dukungan dari berbagai komponen Atau elemen-elemen masyarakat, “Karna yang paling banyak berperan dalam hal ini tentunya masyarakat keseluruhan secara umum, kita hanya sebagai fasilitator didalam mendukung terhadap program ini, dan ini bergantung pada semua masyarakat. Apakah mereka punya rasa memiliki terhadap kabupaten Garut ini, kalau memang rasa memiliki terhadap kabupaten Garut ini cukup tinggi ya sudah tentu mereka akan melakukan atau melaksanakan apa-apa yang menjadi kebaikan untuk kota Garut dan akan memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan kota Garut ini,” Paparnya 

Pihaknya berharap terhadap masyarakat Garut, baik itu ada penilaian Adipura ataupun tanpa ada penilaian Adipura masyarakat bisa lebih mencintai kota Garut dengan memberikan kontribusi, menjaga kebersihan, menjaga kwalitas lingkungan. Minimal tidak memberikan kontribusi negatif terhadap kwalitas lingkungan kita. Harapnya. (dra R)

BAGIKAN