​Ma’Suarmah, Nenek Penderita Kelainan Di bagian Perut Butuh Uluran Tangan

130
Ket Foto: Suarmah 60 tahun Warga Kampung Cilutung Desa Cikarang Kecamatan Cisewu selain menderita kelainan dibagian perut, juga ia tinggal di gubuk derita bersama suaminya, Engkus 65 tahun

GARUT, (KF).- Suarmah (60 tahun). Warga Kampung Cilutung Desa Cikarang Kecamatan Cisewu itu selain menderita kelainan dibagian perut, juga ia tinggal di gubuk derita bersama suaminya, Engkus 65 tahun. Sehari-harinya Suarmah hanya terkapar dan terlentang diatas kasur kapuk yang sudah lepet di lantai pelur semen di rumahnya yang tidak layak huni. 

Suarmah tidak bisa bergerak leluasa karena harus menahan beban perutnya yang terus membesar. Jangankan untuk tertawa tersenyum pun rasanya terlalu berat untuk dilakukan Suarmah. Setiap saat ia hanya ditemani suami tercintanya, Engkus sambil sesekali mengusap-ngusap perut istrinya yang dinikahinya sejak 40 tahun lalu. 

“Pami tos karaos biasana mah wengi, pun bojo teh adug lajeur nahan kanyeri. Abi mah mung tiasa nga doa kanu kawasa sareng ngusapan weh,” katanya. Engkus pun mengaku sudah pasrah dengan kondisi yang dialami istrinya. Hanya saja Engkus merasa penasaran jika istri tercintanya itu belum dibawa berobat ke rumah sakit. “Ari kanggo abi mah jalmi alit kieu pasrah weh. Mung hiji aya kapanasaran pun bojo teh hoyong dicandak heula lalandong ka rumah sakit. Mung teu gaduh biaya,” kata Engkus, haru. 

Sementara itu, salah seorang pengurus RW setempat, Andri Ramdhani menjelaskan, Suarmah diduga menderita tumor ganas dibagian perut. Sebelumnya hanya benjolan kecil namun setelah empat tahun belakangan ini malah membesar dan terasa nyeri. Sedangkan suami Suarmah, kata Andri, hanya pekerja serabutan yang penghasilannya tidak menentu. 

“Dia berdua tinggal di gubuk yang jauh dari aktivitas masyarakat. Bahkan dilingkungan tempat tinggalnya pun kebanyakan keluarga tidak mampu. Sekarang ini saya dan pengurus RW lainnya sedang mencari bantuan dan menggalang dana untuk membawa Suarmah ke rumah sakit di Garut. Saya juga sudah menemui Pak Bupati, Pak Wakil, dan Pak Sekda. Alhamdulillah responya bagus,” kata Andri. 

Sementara itu, Bupati Garut, Rudy Gunawan mengatakan, akan segera membawa Suarmah berobat ke Garut. “Ya betul, dia akan di periksa dulu disana. Setelah itu baru akan dibawa berobat ke rumah sakit. Diperiksa itu kan harus tahu dulu apa penyakitnya,” kata Bupati, Rabu (5/7/2017). (Tim).

BAGIKAN