​Penangganan Banjir Ranca Ekek Butuh Waktu Dua Tahun

129

Wakil Gubernur Jabar Dedi Mizwar

Nasional,(KF).-Penanganan banjir yang terjadi di daerah Rancaekek, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, yang menganggu arus lalulintas jalur nasional, diyakini akan selesai dalam waktu dua tahun. Hal ini diungkapkan Wakil Gubernur Jawa Barat, Dedi Mizwar, Kamis (23/3/2017) pada wartawan usai menghadiri Sosialisasi Gerakan Ecovillage di Aula Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut.

Menurutnya, penanganan banjir di kawasan Rancaekek, Kabupaten Bandung, merupakan tanggung jawab BBWS. Yang mana sedikitnya ada tiga sungai yang harus dilakukan normalisasi.
” Ada tiga sungai yang harus segera dilakukan normalisasi untuk penanganan banjir tersebut,” ucapnya.

Pihak BBWS sendiri sudah melaporkan kalau anggaran untuk normalisasi tiga sungai tersebut baru terlealisasi pada tahun 2017 dengan jumlah anggaran mencapai Rp559 Miliar. Adapun dana tersebut hasil pinjaman dari pihak lain.
” Sesuai perencanaan banjir Rancaekek bisa diatasi dengan waktu dua tahun. Jadi kalau ada yang bertanya apakah besok lusa masih tetap akan banjir. Ya, jelas karena penanganannya membutuhkan waktu dua tahun,” jelasnya.

Sedangkan untuk penanganan banjir yang terjadi di wilayah Bandung, sesuai dengan DED yang telah ada membutuhkan waktu selama lima tahun kedepan. Pemprov Jabar, hanya mengawasi dan ikut membantu dalam hal pembebasan lahan.

” Ya, peneyebab banjir tersebut banyak, bisa saja banyak tanggul yang rusak, serta sampah salah satu paktor penyebabnya juga,” katanya.
Akibat banjir yang terjadi di dua wilayah tersebut, bukanlah arus lalulintas saja yang terganggu, melainkan, bahkan dirinyapun juga menjadi salah satu korbannya. ” Ya, saya juga jadi korbannya saat kunjungan kerja sempat terganggu dalam perjalanan,” ujarnya dengan nada gurau. (dra R)***

BAGIKAN