​Pentingnya Peranan Pemuda Dalam Meningkatkan Ekonomi Daerah

148
Ket Foto: Kegiatan diskusi ekonomi kerakyatan yang diikuti sejumlah aktivis muda di Garut

GARUT, (KF).- SEKTOR Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kabupaten Garut dinilai berpotensial. Terlebih pada era kemajuan Teknologi Informasi saat ini, setiap orang mudah untuk memasarkan produknya hingga ke penjuru daerah bahkan hingga luar negeri. 

Tetapi, potensi ini masih perlu adanya  peranan dari masyarakat khususnya anak muda yang identik memiliki ide kreatif dan lihai menggunakan Teknologi Informasi, sangkan mengambil potensi yang ada untuk lebih berkembang. 

Terlebih, jumlah pengangguran di Kabupaten Garut saat ini terbilang cukup banyak dari kalangan anak muda maupun dewasa. Adapun yang bekerja, banyak pula yang memilih merantau ke luar kota, sehingga Garut membutuhkan lapangan pekerjaan. 

“Di Kabupaten Garut ini merupakan daerah potensial termasuk untuk UMKM. Dan adapula sebagai anak muda yang sudah terjun di UMKM. Tapi tidak cukup itu, saat ini kita harus berfikir bagaimana caranya UMKM ini mempunyai power. Di garut banyak tapi masih kurang memiliki Power karena terpecah belah, sehingga butuh suatu wadah agar bisa memiliki kekuatan dalam memaksimalkan potensi,”ujar Ketua Gabungan UMKM Seluruh Indonesia (GUKEMINDO), Abdul Karim saat ditemui usai diskusi “Pentingnya Peranan pemuda dalam meningkatkan ekonomi daerah di Aula Racik Desa, Kecamatan Tarogong Kaler, Rabu (21/6/2017).

Pasalnya menurut Abdul, berbicara potensi, tiap orang pasti memiliki potensi, tidak hanya potensi produk saja melainkan potensi pemasaran, atau penjualan. 

Sementara Ketua Gema Peta Kabupaten Garut, Idwan Kartiwan, melihat, perkembangan sektor UMKM di Kabupaten Garut yang dimotori anak muda memiliki kemajuan. Tetapi, masih pada sektor tertentu, yakni kuliner. 

“Kuliner menjadi sektor yang cukup berkembang di Garut dan diantaranya dimotori oleh anak muda. Tapi saya kira anak muda Garut harus mulai ada penggerakan di sektor lain juga,  seperti pertanian,  agro, dan lainnya. Sehingga kedepan diharapkan Garut memiliki ragam keunggulan. Karena untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan perlu didorong oleh generasi muda,” pungkas Idwan. 

Tidak cukup dari motivasi, anak muda pun harus bisa menguasai dalam hal manajerial usaha, wawasan ekonomi yang luas sehingga usaha yang dikembangkan bisa bersaing secara global. (Tim)***

BAGIKAN