​Peserta UNBK SMK Di Garut Meningkat Tajam

509

GARUT, (KF).- Peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dari waktu ke waktu terus mengalami peningkatan jumlah. Tahun ini peningkatannya sangat signifikan dibanding tahu lalu yang jumlahnya di bawah 20 sekolah, kini menjadi 90 SMK negeri dan swasta.

” Tahun ini jumlah sekolah SMK yang menjadi peserta UNBK mengalami peningkatan yang sangat tajam. Tahun lalu sekitar 14 sekolah, sekarang hampir 90 sekolah. Mudah mudahan tahun depan SMA juga pesertanya bertambah,” kata Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Kabupaten Garut, H. Dadang Johar Arifin, yang juga Kepala SMKN 1 Garut.

Dadang yang ditemui  usai acara do’a bersama jelang pelaksanaan UNBK tingkat SMA/ SMK di sekolahnya, Jum’at (03/03) mengungkapkan siswa peserta UNBK di SMKN 1 berjumlah 812 orang. Jumlah ini merupakan yang terbanyak dibanding SMK lainnya. “SMKN 1 pada tahun ini menjadi armada terbesar dalam peserta UNBK, ada 812 peserta, ” ungkapnya.

Sementara itu, do’a bersama yang dilaksanakan dilapangan utama SMKN 1 Garut, diikuti ribuan murid kelas 10, 11 dan kelas 12. Dikatakan Dadang, dp’a bersama diselengarakan supaya anak – anak didiknya sudah siap mental dari awal pelaksanaan ujian hingga akhir.

Karena menurut Dadang meski sudah berusaha dan melakukan berbagai upaya, meminta doa supaya dilancarkan ketika pelaksanann UNBK harus selalu dilakukan. “Secara rutin, disaat anak sedang berjuang kita selalu memohon dan munajat kepada Allah SWT supaya dilancarkan,” katanya.

Menurutnya, disamping do’a, anak – anak didiknya sudah berusaha keras untuk mengikuti UNBK nanti, dengan berbagai upaya, baik dengan latihan pengisian soal ujian, pembahasan materi yang akan diujikan dan lain sebagainya.
” Saya kira anak-anak sudah siap menghadapi UNBK, karena mereka sudah diberikan pelatihan cara pengisian jawaban, pembahasan materi dan lainnya. Nah dengan do’a diharapkan mereka lebih siap mental spiritualnya,” tuturnya. 

Dirinya juga berharap, ketika anak didiknya mengikuti UNBK nanti, diberikan kesehatan lahir dan batin, dan memperoleh hasil maskimal. Untuk mendukung kelancaran pelaksanaan ujian nanti, pihaknyapun sudah menyiapkan komputer, dengan server yang didukung dengan fasilitas internet memadai.

” Untuk mengantisipasi gangguan tekhnik, seperti aliran listrik yang tiba-tiba mati, komputer yang tiba-tiba nge-hang. pihaknya akan menyiapkan perangkat komputer cadangan dan genset, serta yang lainnya.(Jay).

.

BAGIKAN