​Pria 54 Tahun Asal Garut Keliling Provinsi Mengenakan Sepedah

665

Ket Foto : Asep Akoeng foto bersama komunitasnya 

GARUT,  (KF).- Usia tidak menghalangi kecintaan Asep Akoeng untuk terus menjalani hobinya bersepeda. Dengan motivasinya untuk bersilaturahmi dengan orang-orang di berbagai suku Indonesia, Pria 54 tahun ini masih bugar bersepeda hingga antar Provinsi bahkan Pulau.

Terkhir kali, Asep telah berhasil menempuh jarak 1000 Kilometer selama 9 hari ketika mengikuti Tour De Celebes dari 14 april sampai 22 april 2017 lalu, dengan rute Kota Palu melalui Tana Toraja hingga Pantai Losari Makasar.

Selain untuk bersilaturahmi dengan banyak saudara se-bangsa dan se-tanah air, dengan bersepeda membuat kondisi tubuh Asep yang kini sudah tidak muda lagi justru dirasa sehat dan bugar.

“Alhamdulillah dengan bersepeda kita bisa bersilaturahmi sekaligus menjaga kesehatan badan. Dan pengalaman saya dengan bersepeda kita bisa mengunjungi serta menikmati indahnya Alam Nusantara,” kata Asep warga Kampung Sanding, Kelurahan Muarasanding, Kecamatan Garut Kota,  kabupaten Garut Jawa Barat. 

Kendati hampir tiap perjalanan jauh berhasil ditempuh, tidak mudah untuk menyelesaikannya. Di usianya yang tidak lagi muda, kerap kali harus bergelut dengan rute sulit seperti tanjakan panjang hingga 54 kilometer. Ditambah teriknya matahari ketika memasuki daerah panas, kadangkala memaksanya harus menghela nafas beberapa waktu.
Namun masalah rute dan cuaca bukanlah hal yang telah membuatnya deg-degan selama perjalanan. Menurutnya,  rute yang paling extrim dan paling ditakuti dirinya juga termasuk oleh komunitas sepeda setempat, yakni ketika berada di Sulawesi.

“Rute ekstrim menurut saya ketika melalui rute antara Kabupaten Poso, karena disana daerah konflik Ten-Tenna. Saya harus menelusuri Danau Poso Sampai ke Pendolo, dan Alhamdulillah Selamat,” ungkapnya dengan lega.

Meski banyak suka-duka selama di perjalanannya, ia mengaku tidak kapok untuk lagi melakukan perjalanan panjang. Apabila diberi kesehatan, pada bulan Agustus nanti ia berencana akan kembali melakukan perjalanan cukup panjang dengan spedanya ke tempat lain yang belum dijamah.(dra R) 

BAGIKAN