​Puluhan Bus Diterminal Garut Dinyatakan Tidak Layak Jalan

163

ket Foto: Petugas dari Dirjen Perhubungan saat melakukan pemeriksaan bus Diterminal Guntur Garut 

GARUT,(KF).-  Menjelang masuknya bulan suci ramadhan 1438 H yang tinggal beberapa hari lagi. Petugas dari Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia melakukan pengecekan kelengkapan administrasi dan fungsi armada saat melakukan sidak di Terminal Tipe A Guntur Melati Kabupaten Garut. 

Dari hasil pengecekan, Puluhan angkutan umun Bus dinyatakan tidak layak jalan karena tidak memenuhi standar.

Kondisi tersebut otomatis kerap mengakibatkan tertundanya sejumlah keberangkatan penumpang setiap harinya. Lantaran petugas menekankan kepada PO Bus untuk memperbaiki atau memenuhi kelengkapan Bus yang dianggap tidak laik jalan. 

“Dari 160 bus yang akan jalan, ada 40-an bus yang kita tunda keberangkatannya. Ini kami lakukan supaya tidak membahayakan masyarakat yang menjadi penumpangnya,” kata Kepala Terminal Guntur Melati Garut, Sofyan Hidayat, kepada wartawan di Terminal Guntur.


Lanjut Sofyan, beragam pelanggaran yang mengakibatkan bus tak laik jalan. Mulai dari pelanggaran ringan,  sedang hingga berat. Namun Kebanyakan diantaranya melakukan pelanggaran ringan dan sedang. 

“Pelanggaran ringan dan sedang itu seperti lampu sein mati sebelah, tidak ada pemecah kaca dan tidak terdapat tabung pemadam api di dalam bus. Meskipun kecil tapi itu berisiko,” katanya, Selasa(16/5/2017) Siang 

Kegiatan pengecekan bus umum ini akan terus dilaksanakan oleh Satuan petugas pelaksana Terminal Tipe A Guntur Melati. Terlebih menjelang arus mudik Idul Fitri tahun ini,  pemeriksaan kendaraan bahkan pemeriksaan kesiapan operator ataupun sopir akan dilakukan lebih intensif dan mendetail demi menjaga keamanan, keselamatan serta kenyamanan pengguna angkutan umum bus.(dra R)***

BAGIKAN