​Rudy Gunawan Deklarasikan Open Defecation Free

249

Rudy Gunawan Usai mendeklarasikan ODP Foto Bersama dengan keluarga Besar UPT Puskesmas Pasundan Kecamatan Garut kota


GARUT, (KF).-Bupati Garut, Rudy Gunawan melakukan Deklarasi Desa Stop Buang Air Besar Sembarangan/Open Defecation Free (ODF) di Lapang Kaak, Desa Sukanegla, Kec. Garut Kota, Jumat (10/02/2017). 

Dalam Deklarasi yang diikuti oleh para lurah dan kepala desa tersebut, Bupati mengapresiasi terhadap jerih payah aparatur Puskesmas, Desa, Kelurahan dan Kecamatan yang berhasil menggerakan masyarakat sehingga dapat meninggalkan kebiasaan buruk BAB sembarangan.

Menurut Bupati, meski terlihat sepele tetapi masalah BAB tersebut merupakan hal penting menyangkut masalah kesehatan masyarakat. “Saya mempunyai perhatian khusus pada ODF atau menjaga melaksanakan kehidupan yang sehat. Jadi ini bukan hanya kewajiban pemerintah tetapi kewajiban seluruh masyarakat. Oleh karena itu, semua lapisan masyarakat harus ikut mendorong program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).” Kata Bupati
Pemerintah hanya memberikan pemicu sarana dan prasarana sedangkan pelaksanaanya semuanya ditentukan oleh masyarakat sendiri. Bupati menyebut, Kabupaten Garut sebagai daerah yang tengah berkembang masih memiliki permasalahan seputar sanitasi, terutama kebiasaan masyarakatnya buang air besar (BAB) sembarangan. 

Karena itu, untuk menuntaskan hal tersebut tak cukup pemerintah saja, tetapi seluruh lapisan masyarakat harus ikut menjalankan program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat atau yang disebut STBM guna mengentaskan prilaku tidak sehat tersebut. 

Sementara itu, Camat Garut Kota, Bambang Hafidz menambahkan, masalah sanitasi ini bukan hanya menyangkut sarana dan prasarana tetapi masalah kebiasaan. Oleh karena itu, kata mantan camat Samarang tersebut, sangat mengapresiasi semangat masyarakat yang juga ingin berubah sehingga bisa mengupayakan ODF secara swadaya. 
Dia mengatakan, masyarakat begitu antusias berswadaya untuk menggali dan menyediakan sefytank. 

“Itu bukan pekerjaan yang mudah. Karena itu bukan hanya menyangkut prasarana tetapi prilaku. Tetapi sekarang ini masyarakat Kelurahan Sukanegla berkomitmen untuk tidak ada lagi warga yang buang air besar sembarangan,” katanya.(dra R)

BAGIKAN