​Sejumlah Sopir Bus Di Garut Jawa Barat Mengikuti Pemeriksaan Kesehatan 

127

Ket Foto: Sejumlah sopir bus dari berbagai jurusan saat memeriksakan diri

GARUT, (KF).- Sejumlah sopir bus di Garut, Jawa Barat mengikuti pemeriksaan kesehatan. Dikantor pelayanan Terminal Guntur Garut, kecamatan Tarogong kidul. Mereka (Para sopir) diperiksa sebelum mengemudi, untuk mengantar para pemudik ke berbagai kota.Senin (19/6/2017). Kepala Terminal Guntur Melati Garut, Sofyan Hidayat mengatakan, selain mengikuti tes kesehatan, para sopir juga mengikuti test urine dan HIV Aids.

“Jadi ini kami bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Garut, melaksanakan berbagai macam test kesehatan kepada para sopir bus. Test urine dan test HIV juga dilakukan di sini,” kata Sofyan pada sehumlah wartawan digarut.

Sofyan mengatakan, jika ada sopir yang tidak lolos dalam test urine, keberangkatan bus yang sopir tersebut kemudikan akan ditunda terlebih dahulu.

“Semua itu untuk kenyamanan para pemudik. Jika terdeteksi mengkonsumsi narkoba atau miras kita akan pending perjalanan bus itu. Atau diganti oleh sopir cadangan yang memenuhi syarat,” ungkapnya.

“Intinya pemeriksaan kesehatan para sopir ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan. Setelah pemeriksaan kesehatan dilakukan, diharapkan para sopir bisa mengemudi dengan baik dan dalam kondisi yang fit,” Sofyan menambahkan.

Sementara itu, di Terminal Guntur Melati Garut sendiri terdapat sebanyak 180 sopir aktif, ditambah 20 sopir cadangan. Baik untuk bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) maupun bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP). 

“Sejauh ini baru puluhan yang sudah diperiksa kesehatan. Tapi semuanya wajib ikut. Pemeriksaan ini akan berlangsung hungga beberapa hari kedepan,” Ujarnya.(dra R)***

BAGIKAN