​Setelah Puluhan Tahun, Akhirnya Rumah Ma Asih Direhab Secara Swadaya 

281

Ket Foto: Ma Asih didampingi Cucunya saat dijumpai dirumah kerabatnya

GARUT, (KF).-Warga kp. Sanding Lebak Rt 05/01 kelurahan muara sanding, Kecamatan Garut kota. mencoba untuk menanamkan jiwa solidaritas dan rasa persaudaraan antar sesama masyarakat. Hal tersebut dicerminkan Dengan merehab Rumah milik Ma Asih (83). 

Secara swadaya warga masyarakat dibantu TNI Kodim 0611 Garut,karangtaruna kel muara sanding merehab Rumah Ma Asih, Yang Hampir 10 tahun kondisi Rumahnya, dinilai sangat memprihatinkan dan jelas tidak layak huni sekali.

Ketua RT 05 Mimin(35) mengatakan, Ma Asih tinggal dirumahnya sendiri, terkadang ditemani sang anak yang hanya bekerja sebagai buruh kuli, “Kasihan Melihat kondisi Ma Asih, selain sudah tua dan pikun terkadang untuk makan dalam kesehariannya saja sering kali dibantu  oleh  tetangga atau kerabat dekatnya,” Kata Mimin saat dijumpai Awak Media, Kamis(9/3/2017) Siang.

Lanjut Mimin, Alhamdulillah saat ini dengan secara swadaya masyarakat, Rumah Ma, Asih tengah direhab, meski biyaya seadanya kami usahakan agar Rumah ma Asih bisa ditempati dengan Aman dan nyaman. ” Kami khawatir kalau tidak segera di perbaiki takut Roboh, mengingat saat ini  intensitas hujan disertai Angin kencang seringkali mengguyur wilayah garut,” Ujarnya.

Camat Garut Kota bersama Danramil kecamatan saat meninjau lokasi bedah Rumah di Kp. Sanding

Melihat jiwa solidaritas dan rasa persaudaraan antar sesama masyarakat dilingkungan Kp sanding leubak. Camat Garut Kota Bambang Hafidz  mengatakan, selama ini jiwa gotong royong terlihat sudah tidak ada, namun ternyata kenyataan disini saya melihat langsung jiwa masyarakat yang memang betul-betul memiliki jiwa solidaritasnya serta persodaraan yang begitu kental. 

” Dengan dibantu Rw disini yang selalu aktip dan sering berkoordinasi dengan kami mengundang kami langsung, ternyata, swadaya masyarakat dan jiwa gotong royong disini cukup baik sekali dan kami tentunya bangga,” Ungkap Bambang, saat meninjau lokasi, Rumah Ma Asih yang sedang direhab 

Bambang berharap, selain diwilayah kampung sanding dirinya berharap jiwa gotong royong selalu ditanamkan disemua wilayah khususnya di kecamatan Garut kota, ” mudah-mudahan ini bisa menjadi contoh bagi Rw atau masyarakat diwilayah lain, karena dengan gotong royong beban yang begitu berat bisa menjadi ringan.” Harapnya. (dra R

BAGIKAN