​Vendor harus Miliki Sertifikasi

263

GARUT,(KF).- Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) menjadi hal penting yang harus diperhatikan dalam memasang panel kelistrikan. Terutama pemasangan listrik dengan tegangan yang cukup tinggi yang sangat beresiko.

Sebagai mitra kerja dari PT PLN (Persero) puluhan Vendor dari seluruh Jawa Barat berkumpul untuk kembali mengingatkan perihal K3 dalam bekerja.

Menurut H. Oman Abdurahman, selaku Dirut PT Stadion Multi Karya dan Forum Perkumpulan Pekerja Listrik, para vendor, atau penyedia dan penjual jasa dan produk kelistrikan, selalu diingatkan untuk memperhatikan masalah K3 dalam melaksanakan pekerjaan.

“Kita harus selalu mengingatkan satu sama lain, karena kebanyakan suka lupa dengan SOP kerja yang harus ditempuh. Kan listrik itu selain memberikan guna dan manfaat yang sangat besar, juga bisa menimbulkan bencana yang besar, seperti kebakaran, sengatan yang bisa menyebabkan kematian dan lainnya,” katanya sesaat melakukan sertifikasi K3, Di Aula Sumber Alam, Kamis (09/02/2017) Siang.

Menurutnya kesehatan keselamatan dan kerja harus tetap dijunjung oleh vendor sebagai rekanan dari PT PLN dalam menerima dan melakukan pekerjaannya. “Tentu K3 dalam bekerja harus tetap dijunjung dan dilakukan untuk keselamatan bekerja dan keselamatan pekerja juga,” ungkapnya.

Selanjutnya menurut Oman, tidak hanya mengingatkan SOP kerja vendor, tapi juga yang masa aktif sertifikatnya habis dalam masa 3 tahun harus, selalu diperbaharui jika tetap ingin menjadi vendor dari PT PLN.

” Vendor dari PLN selalu harus memiliki sertifikat dan harus tersertifikasi oleh Deperteman Tenaga Kerja dan pihak terkait lainnya,” tuturnya.

Ditambahkannya, setiap vendor dari PT PLN harus memiliki kemanpuan pencegahan dan kompetensi K3. Akan tetapi yang sangat spesifik ialah keselamatan ketenagalistrikan sesuai undang – undang.”Dalam Undang – Undang Nomor 20, disebutkan bahwa badan usaha wajib memiliki kompetensi dan kompetensi itu harus tersertifikasi,” paparnya.

Diharapkan dengan adanya vendor yang sudah tersertifikasi dan punya kompetensi yang sangat baik, akan meminimalisir terjadinya kecelakaan kerja, serta kebakaran yang diakibatkan hubungan arus listrik. Sehingga katanya ke depan, para vendor punya daya saing saat berlakunya pasar bebas Asia, maupun dunia. (Jay)

BAGIKAN