150 Peserta Ikuti Pemilihan Mojang Jajaka Garut Tahun 2016

283

Foto oleh: J Gunawan  Pasanggiri pemilihan Mojang Jajaka tahun 2016
Foto oleh: J Gunawan
Pasanggiri pemilihan Mojang Jajaka tahun 2016
KF,- Pasanggiri Grand Final Mojang Jajaka (Moka) Garut tahun 2016 sukses digelar, kegiatan dilaksanakan di Gedung Pendopo Sabtu (15/10/2016) malam.
Agenda Mojang Jajaka Garut merupakan agenda rutin tahunan Pemerintah, dengan mengangkat tema “ Surti nastiti sugih wibawa”.

Kegiatan Pasanggiri Moka 2016 ini, merupakan salah satu ajang untuk lebih mengenalkan karakter budaya tradisional  kepada generasi muda karena disadari maupun tidak, masyarakat Garut dan sekitarnya sendiri belum banyak mengenal seni budaya dan potensi pariwisata di Garut.  Dengan lebih mengenal budaya sendiri maka diharapkan di kalangan generasi muda akan tumbuh kebanggaan dan kecintaan terhadap budaya sendiri dan memiliki filter terhadap serangan budaya luar.

Saat ditemui disela kegiatan Yeni Yuanita kasi Seni dan Atraksi  mengungkapkan,”Ajang Tahunan ini diselenggarakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Garut , Sehingga diharapkan generasi muda dapat memiliki sikap agar  tetap menjunjung budaya kita sendiri . sebanyak 150 peserta mengikuti ajang bergengsi ini, setelah melalui berbagai tahapan seleksi dan tersisa sebanyak 30 pesrta untuk mengikuti grand final,”ungkapnya.

Lebih lanjut Yeni menegaskan ,”Seluruh finalis akan mengikuti sesi penilaian ataupun penjurian dari berbagai aspek. Mulai dari pengetahuan umum tentang potensi daerah hingga kesenian serta sejarah daerah, nilai terbaik akan menjadi juara. Dan akan mewakili kab Garut untuk mengikuti ajang moka ditingkat provinsi Jawa Barat ,”pungkasnya.(Gunawan)

BAGIKAN