2 Orang Meninggal dan 55 KK terkena Dampak Banjir dan Longsor di Tasik Selatan.

56
Ket foto: BPBD Kab. Tasikmalaya saat memberikan bantuan dan melakukan evakuasi korban banjir/warga yang terjebak banjir ke tempat yang lebih aman. ( Foto istimewa)

KAB.TASIKMALAYA, (KF).- BANJIR Dan Longsor yang menerjang Wilayah Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya yang terjadi pada Selasa (6/11/2018) dinihari tadi, memakan korban jiwa sebanyak dua orang dan hampir 55 KK terkena dampak musibah tersebut.

Menurut data yang diperoleh dari Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB,
Sutopo Purwo Nugroho menjelaskan, beberapa lokasi banjir dan longsor yang menerpa wilayah Tasikmalaya Selatan diantaranya, Desa Ciheras, Desa Ciandum (Kec.Cipatujah), Desa Cikupa, Desa Ciawi (Kec.Karangnunggal) dan Desa Cikupa diwilayah Kec.Culamega.

Menurut Sutopo, kerugian materil sementara ini, ruas jalan Cipatujah menuju, Ciheras, Pameungpeuk atau Garut Selatan, lumpuh total termasuk arus jalan kelokasi tersebut pun tidak bisa dilalui, menyusul putusnya jembatan Pasanggrahan.

“Menurut laporan masyarakat jembatan putus akibat arus air yang deras dari hulu sungai Pasanggrahan dan ini masih dalam pendataan, dimana TMA 30 Cm – 1,8 Meter,” terang Sutopo, selasa (6/11/2018) sore.

Lebih lanjut Sutopo menerangkan, kronologis awak kejadian musibah ini berawal akibat hujan turun dengan intensitas tinggi sehingga meluapnya aliran sungai Cipatujuah.

Beberapa spot foto yang diambil saat melakukan evakuasi. (Foto istimewa)

Saat ini beberapa upaya tengah dilakukan oleh TRC BPBD Kab. Tasikmalaya yang berkoordinasi dengan Dinas PUPR untuk penanganan jembatan yang putus.

Bahkan TRC BPBD Kab. Tasikmalaya kini mulai memberikan bantuan dan melakukan evakuasi korban banjir/warga yang terjebak banjir ke tempat yang lebih aman.

“TRC BPBD Kab. Tasikmalaya menyediakan alat transportasi untuk membantu warga diantaranya mengantarkan ke sekolah, jika ada masyarakat yang ingin mengetahui perkembangan lebih lanjut dapat menghubungi saudara
Indra (Pusdalops BPBD Kab. Tasikmalaya) di nomor 0823-9299-7754,” pungkasnya.

Jurnalis : Tono Efendi

Editor : Indra R

BAGIKAN