Team Gugus Tugas Covid 19/TNI-POLRI Sosialisasi Persiapan New Normal Untuk Pelaku Usaha Kota Tasik

243

Koran-Fakta.com, (Kota Tasikmalaya),- Bertempat diaula Pusat Pengembangan Industri Kreatif Diskoperindag Kota Tasikmalaya Jl. Letjen Mashudi Kel. Kersanagara Kec. Cibeureum Kota Tasikmalaya, Jum’at (29/5/2020) pagi tadi diadakannya acara Sosialisasi dalam rangka persiapan ‘New Normalisasi’ terhadap pelaku usaha perdagangan, yang dikiuti oleh pelaku usaha 50 orang. 

Adapun sebagai narasumber sosialisasi ini diantaranya H. Firmansyah, SH.,MH (Kadis Koperindag Kota Tasikmalaya), Mayor Inf. Candra Suhendra (Kasdim 0612/Tasikmalaya) dan AKP H. Iwan, SH (Kasat Binmas Polres Tasikmalaya Kota).

Dalam kesempatan tersebut,  para nara sumber menyampaikan tentang rencana persiapan dalam Rangka Persiapan New Normal/Tata Kehidupan Baru Kepada Pelaku Usaha Diwilayah kota Tasikmalaya.

Seperti yang dipaparkan nara sumber H. Firmansyah, SH.,MH (Kadis Koperindag Kota Tasikmalaya,  dimana menurut Firman, rencana pemberlakuan New Normal akan dimulai pada tanggal 1 Juni sampai akhir Juli 2020 mendatang.

“Kamis sore kemarin, Pemkot menerima surat dari Gubernur bahwa Kota Tasikmalaya termasuk daerah yang harus memperpanjang PSBB tahap 3 karena Jawa Barat belum masuk pada kriteria untuk pelaksanaan New Normal akibat perkembangan covid 19,  karena masih berada diangkat 1% lebih, ” kata Firmansyah.

Lebih lanjut dia mengatakan, Perpanjangan PSBB ini kembali diberlakukan sekaligus untuk sosialisasi dan persiapan menuju new normal. Oleh karena itu,  Operasional untuk toko modern dan pasar tradisional dalam PSBB tahap 3 menunggu keputusan gugus tugas,  ujar Firmamsyah.

Sementara itu, Mayor Inf. Candra Suhendra (Kasdim 0612/Tasikmalaya) dalam keterangannya menyampaikan, Panglima TNI dan Kapolri ditunjuk sebagai pengawasan disiplin protokol kesehatan di ruang publik dan mall serta pasar dengan Dasar Surat dari Mensesneg, Telegram Panglima TNI, surat edaran Kemenkes.

“TNI/Polri dan dinas terkait melaksanakan penegakan disiplin protokol kesehatan  di ruang publik, mall, pasar dan tempat rekreasi.Ada 6 titik yang dijadikan sampling untuk persiapan new normal di Kota Tasikmalaya, antara lain Jogja Dept Store, Asia Plaza, Mayasari Plaza, Mega M, Transmart dan Lotte Grosir, “terang Mayor Chandra.

Oleh sebab itu, masih kata Kasdim 0612/Tasikmalaya, langkah yang dilakukanya diantaranya,  pengecekan jumlah kendaraan, pengukuran suhu kepada pengunjung, kapasitas pengunjung dan lamanya kunjungan.  Termasuk
sarana yang disiapkan yakni, alat sosialisasi berupa spanduk, gunakan masker dan sarung tangan, plang parkir penuh, thermogun, handsanitizer dll sesuai kebutuhan yang disediakan oleh Pengusaha atau pelaku usaha.

“Mohon bantuan kepada Mall besar agar menyiapkan sarana prasarana untuk  tempat bertugas petugas, karena keputusan untuk New Normal menunggu putusan lanjutan pasca vicon dengan Gubernur jabar, ” paparnya.

Nara sumber terakhir, AKP H. Iwan, SH (Kasat Binmas Polres Tasikmalaya Kota) dalam penyampaiannya menjelaskan, Pimpinan Polri mengekuarkan sebuah kebijakan bahwa kasus covid 19 harus ditangani melalui sebuah operasi dengan nama Operasi Aman Nusa.  Saat ini kita semua mengalami capai dengan physikis, tidak pernah kita duga bahwa Dunia akan diguncang oleh covid 19 yang mengakibatkan porakporandanya ekonomi kita.

“Diawal kita mengenal istilah lockdown yang kemudian berubah menjadi PSBB. Hari ini merupakan hari terakhir pelaksanaan PSBB tahap 2 dan dilanjutkan dengan PSBB tahap 3 sebagai persiapan untuk menhadapi new normal, “pungkasnya. (Tono Efendi)

Editor: J Wan

BAGIKAN