5 Lembaga dan Ormas “Grudug” Kantor Kelurahan Bantarsari

101

Tasikmalaya, (KF)- sebanyak 5 Lembaga Profesi dan Ormas yang terdiri dari DPP BAKI (Badan Anti Korupsi Indonesia), Lembaga Anti Korupsi Peduli Sosial (LAKPS), Komite Jurnalis Indonesia (KJI), Forum Bersama Wartawan Tasikmalaya (FBWT), Forum Komunikasi Wartawan Nasional (FKWN) melakukan aksi melalui audiensi di Kantor Kelurahan Bantarsari, Kecamatan Bungursari Kota Tasikmalaya, Kamis (26/10/2017) pagi.

Menurut Koordinator aksi Uge Theo Saputra menjelaskan, aksi yang dilakukan dengan cara audiensi ini bertujuan, untuk mempertanyakan permasalahan terkait Koperasi, Penempatan PLT Lurah, dan program Jati Emas.

Ketua DPP BAKI ini menyoroti terkait Keberadaan Koperasi yang menurutnya kepengurusannya diduga tebang pilih. Seperti dalam pinjaman kepada anggota, pihaknya menemukan adanya indikasi KKN dalam penyaluran kredit pinjaman. Hanya orang orang dekat  kepada pengurus saja yang mendapatkan bantuan. “Dari 14 RW yang ada di Kelas.Bungursari, aturan warga yang ingin mengajukan permohonan kredit ke Koperasi, biasanya harus diketahui RT dan RW setempat, masa tanpa rekom kedua pejabat setempat bisa cair, apalagi orang orang yang dekat dengan pengurus”, kata Uge kepada koran-fakta.com.

Selanjutnya terkait program penanaman Pohon Jati Emas yang berada di TPU Leuwimalang. Dalam hal ini, Uge mempertanyakan adanya ketidaktransparanan masalah program pohon jati emas yang ditanam di lahan TPU Leuwimalang. Bahkan warga tidak sedikit yang mempertanyakan status kepemilikan pohon jati tersebut. “Ini kurangnya sosialisasi dari Pemkot Tasik, Kelurahan dan Kecamatan, jadi wajar jika banyak yang mempertanyakan, darimana biaya pemeliharaan, bantuan jati tadi seharusnya jangan dikelola oleh individu, seharusnya oleh kelompok tani setempat”, katanya.

Terkait penempatan PLT Lurah Bantasari Heri Anshori,  Dia pun menyoroti penempatan seorang pejabat Lurah yang merangkap jabatan Lurah Sukamulya. “Masa ada lurah nyangegang alias rangkap jabatan,  memangnya tidak ada orang lagi yang menjabat, bukankah Kasie Pemerintahan Kecamatan sebetulnya bisa ditempatkan jadi PLT Lurah Bantarsari” , ujarnya.

Sampai berita ini dirilis, jam 10.09 WIB, aksi audiensi lima Lembaga dan Ormas masih berlangsung alot di Kantor Kelurahan Bantarsari bersama PLT Lurah Bantarsari Heri Anshori .

Jurnalis : Tono Efendi

BAGIKAN