Abon Dendeng Ma’ Nio, Produk Unggulan Jawa Barat

250

Garut, (KF)- Usaha kreatif pembuatan abon dan dendeng adalah salah satu produk olahan makanan unggulan khas Garut, yang berada di Sanding, Kecamatan Garut Kota memiliki peluang usaha cukup menjanjikan. Produk olahan rumahan berbahan daging ini di beri nama Abon dan Dendeng Ma’Nio khas Sanding.

Abon dan dendeng milik Ma’Nio termasuk yang paling laris dan menjadi salah satu incaran konsumen, baik di wilayah Garut maupun Jawa Barat, hingga Nasional. Terlihat dari berbagai penghargaan yang pernah diraih dan pameran disejumlah tempat.

Sementara itu, Adam (putra Abah) sebagai penerus perusahan Abon dan dendeng Ma’ Nio menjelaskan, Abon Dendeng Ma’Nio telah bersertifikat halal, juga telah diuji komposisi kandungan gizinya melalui Laboratorium Pemeriksa di Universitaa Padjadjaran Bandung,”katanya pada awak media.

Ket poto: Adam poto bersama Mentri Keuangan RI Sri Mulyani

Adam mengakui, Abon dendeng Ma’Nio saat ini sudah banyak meraih penghargaan dan menjadi salah satu Produk UMKM unggulan Jawa Barat. Bukti dengan banyaknya di ikut sertakan dalam berbagai acara pameran Kuliner dan UMKM. Baik ditingkat Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat juga Nasional,” ujarnya.

Sambung dia, bahkan Tahun 2015 Abon dendeng Ma’nio mendapatkan kesempatan mewakili Indonesia menjadi salah satu Produk unggulan Jawa Barat yang dibawa ke Konferensi dan Pameran APEC di Bali Tahun 2015 lalu, bersama Syarif Hasan Menteri Koperasi dan UMKM, bersama Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Barat Anton Gustoni beserta berbagai Delegasi dari berbagai negara yang tergabung dalam APEC 2015,” ucapnya.

Selain itu, “Alhamdulilah beberapa waktu yang lalu Produk Abon dendeng Ma’Nio telah sampai pada lidah Menteri Keuangan RI Ibu Sri Mulyani, saat gelaran Kuliner ragam karya nusantara, kreasi busana, dan Produk UMKM binaan Telkom, di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan RI pada tanggal 3-5 Mei 2017 lalu,” pungkasnya.

Karena kelezatan rasanya, abon dendeng Ma’ Nio juga memiliki berbagai macam parian jenis rasa mulai dari original, pedas manis, bawang. Untuk pamasaran sendiri, selain menerima pesanan langsung juga menggunakan sistem online.(J Wan)

BAGIKAN