Alat Peringatan Dini Tsunami Di Sepanjang Pantai Selatan Rusak Sejak Beberapa Tahun Yang Lalu.

218
Ket Foto : Dua petugas Di Kantor BPBD Garut saat memperlihatkan Unit Sirine sistem peringatan dini tsunami yang ruksak (foto istimewa)

GARUT, (KF).- Perangkat Ews Tsunami atau alat peringatan dini tsunami disepanjang pantai selatan kabupaten Garut, Jawabarat mengalami kerusakan, bahkan hal itu terjadi sejak tahun 2015 yang lalu.

Berdasarkan pantauan, Ews Tsunami yang di operator Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Garut, yang berasal dari BNPB seluruhnya tak bisa berfungsi.

Delapan unit ews yang dipasang dari kecamatan Caringin hingga kecamatan cibalong Garut Selatan seluruhnya mengalami Korosi, Sementara Solar Cell yang memang merupakan sumber tenaga ews tsunami masih bisa digunakan

Sementara, Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, mengatakan, Kerusakan ews Tsunami yang dipasang di delapan titik termasuk di sebagian banyak tempat wisata Pantai Selatan Garut semuanya sudah tak bisa dipakai sejak beberapa tahun yang lalu.

“Dengan kerusakan Ews Tsunami seperti ini, tentunya sangat membahayakan warga, apabila terjadi bencana tsunami,” ujar kepala BPBD Kabupaten Garut. Dadi Jakaria kepada wartawan. Kamis (27/12) Siang.

Warga disepanjang pantai selatan tak bisa mengetahui bahaya tsunami karena tak ada tanda dari Ews yang di operasikan BPBD Garut. (***)

Editor : Indra R

BAGIKAN