Anak-anak Paud SPS RMC Cintalaksana mengikuti manasik haji di Lapangan Makorem 062/Tarumanegara

97
Ket foto : Paud SPS RMC Cintalaksana foto bersama usai mengikuti manasik haji, dilapangan Makorem 062/Tarumanagara, Kabupaten Garut.

Koran -Fakta.Com, {KF}.- Prosesi manasik haji tidak hanya dilakukan umat Islam berusia dewasa. Namun Anak-anak TK dan Paud juga mulai menjalankan latihan (manasik) ibadah haji.

Seperti yang di laksanakan Puluhan anak-anak siswa dan siswi Paud SPS RMC Cintalaksana mengikuti manasik haji di lapangan Makorem 062 /Tarumanegara, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawabarat. Minggu (25 Agustus 2019).

Pantauan Koran-Fakta.Com. anak-anak Paud ini dituntun para gurunya mengikuti aturan dan rukun haji. Sebagaimana layaknya menjalankan ibadah haji, semua peserta mengenakan ihram serba putih seperti yang digunakan para jamaah calon haji.

Prosesi manasik haji diawali pelepasan, dilanjutkan prosesi wukuf di Padang Arafah. Setelah itu, melaksanakan tawaf atau keliling Kabah sebanyak tujuh kali.

kegiatan manasik haji tersebut merupakan program tahunan yang rutin dilaksanakan setiap bulan dzulhijah.

Kepala sekolah Paud SPS RMC Cintalaksana Yulia Herawati mengatakan kegiatan tersebut bertujuan agar anak mendapatkan pengalaman keagamaan dan meningkatkan mutu pendidikan agama sejak dini.

“Sejak dini anak-anak kita kenalkan tentang keagungan beribadah dalam Islam. Termasuk haji yang menjadi rukun ke lima dalam agama kita”, ucapnya

Lebih jauh Yuli menyampaikan penanaman ibadah haji sejak kecil memiliki dampak yang positif untuk perkembangan anak. Diharapkan mereka (anak-anak red) bisa paham mengenai caranya beribadah haji karena mereka mempraktekkannya secara langsung.

“Anak jadi lebih paham mengenai ibadah haji, karena langsung mempraktekkannya,” katanya

Ia pun menuturkan bahwa ini kali pertama pihaknya mengadakan pengenalan manasik haji.

“Ini pertama kali kita mengikuti manasik haji, dan Alhamdulillah anak-anak sangat bersemangat dan mengikutinya penuh antusias,” ujar Yuli

Sebagai informasi, PAUD SPS RMC Cintalaksana baru berdiri tahun 2019 dibawah naungan Yayasan Alumni SPG Ar-Rahim, untuk saat ini total murid sebanyak 37 siswa

“Alhamdulillah dalam pendaftaran kami tidak memungut biaya (gratis), karena mempunyai donatur tetap yang menanggung biaya pendidikan mereka,” pungkasnya (J.Gunawan)

Editor : Indra Ramdani

BAGIKAN