Anggota TNI Kodim 0611/Garut Bantu Warga Yang Terkena Musibah Banjir Bandang.

146
Ket foto: Anggota TNI dan Polri saat membantu membersihkan lumpur akibat banjir. (Foto oleh MC Kodim 0611/Garut)

GARUT, (KF).- Pasca banjir yang terjadi pada Jumat 11 Januari 2019 Pukul 16.00 Wib, di Desa Barusuda Kecamatan Cigedug Kab. Garut yang diakibatkan karena hujan lebat yang menyebabkan meluapnya aliran anak sungai Cimanuk dari arah Gunung Cikuray. Ketinggian air yang mencapai 30 sampai 50 Cm tersebut mengakibatkan 13 KK dan 43 Jiwa terkena dampak.

Sesuai dengan perintah Dandim 0611 Garut Letkol lnf Asraf Azis kepada Danramil 1113/ BYB Kapten Czi Dayat Juanda agar mengerahkan anggotanya untuk membantu warga masyarakat korban banjir diantaranya evakuasi, pengamanan materil &pembersihan lumpur yang ada di rumah – rumah penduduk

Adapun pelaksanaan Pembersihan dibantu tim gabungan dari Polsek Bayongbong, BPBD Garut, Dinas Sosial Garut, Tagana, Damkar Garut, Sat Brimob Polda Jabar, dan dibantu masyarakat setempat serta Ormas.

Danramil 1113/ Byb Kapten Czi Dayat Juhanda kepada menyampaikan, pasca banjir kemarin Jumat (11/1) pihaknya beserta Polsek Bayongbong dan masyarakat setempat langsung melaksanakan kegiatan pembersihan terhadap rumah – rumah yang terdampak.

” Selanjutnya, pada hari Sabtu pagi, Kami melanjutkan pembersihan pasca banjir ditempat yang belum tersentuh yang dilaksanakan oleh Koramil 1113/Byb, Polsek Bayongbong dan satu SST dari Satuan Brimob, Ormas PP, Damkar Kab. Garut dan dibantu warga masyarakat setempat”, jelas Kapten Czi Dayat Juhanda.

Lebih jauh Dayat menjelaskan, sementara evakuasi sebagian korban terdampak telah dilaksanakan sejak kemarin sore, untuk warga yang rumahnya rusak parah sementara mereka ditempatkan dibeberapa rumah yang ada disekitar serta sanak saudaranya yang tidak terkena musibah banjir kemarin.

” Sampai dengan saat ini upaya pembersihan terus dilaksanakan, sementara para korban terkena dampak kita ungsikan ke rumah – rumah penduduk dan sanak saudara korban”, ucapnya

Ia menambahkan untuk akses jalan masuk tidak ada kendala, karena lokasi banjir berada diperkampungan, dan upaya sementara saat ini Bergotong royong membersihkan rumah dan jalan akibat dampak dari banjir berupa sampah dan lumpur serta pendataan kerugian materiil, pungkasnya

Laporan : J.Gunawan

Editor : Indra R

BAGIKAN