Angka Kemiskinan Tertinggi, Pemkot Tasik Launching SPKD

62

Jurnalis : Tono Efendi

Tasikmalaya, (KF)- Strategi Pengurangan Kemiskinan Daerah (SPKD) merupakan dokumen strategi dan rencana aksi untuk mempercepat tujuan dan sasaran pengurangan kemiskinan. Berkaitan dengan dokumen perencanaan Kota Tasikmalaya, memuat kebijakan pembangunan dan rencana kerja Pemerintah Daerah. Karena permasalahan Kemiskinan saat ini tidak hanya isu nasional tapi juga isu daerah. Selama ini kebijakan dan pogram kemiskinan dilaksanakan secara parsial dan sektoral.

Hal tersebut disampaikan  Kepala Bapeda Kota Tasikmalaya Ir.H.Tarlan saat lonching kegiatan SPDK Daerah Kota Tasikmalaya 2017-2022, di Ballroom Hotel Santika Tasikmalaya, Senin (20/11/2017). Hadir dalam kesempatan tersebut Walikota Tasikmalaya Drs H.Budi Budiman, Wakil Walikota Tasikmalaya Drs.HM.Yusuf, Kepala Bapeda Propinsi Jawa Barat, para kepala SKPD, para perwakilan perguruan tinggi serta perwakilan Kelurahan dan Kecamatan Se Kota Tasikmalaya.

Sementara itu Walikota Tasikmalaya dalam sambutannya mengaku pertemuan ini sangat strategis, karena kemiskinan Kota Tasikmalaya cukup tinggi di Jawa Barat sebesar 15,6 persen. Namun Secara pertumbuhan ekonomi, Kota Tasik cukup tinggi berada di angka 6.9 persen, sementara pengangguran 4,2 persen dan Angka inflansi 2,75 persen.

Menurut Walikota, Angka kemiskinan yang tertinggi di Kota Tasikmalaya ada di Kec.Tamansari, sementara yang terendah di Kec.Tawang.

Oleh karena itu, walikota berharap perencanaan ini harus matang, program program untuk menekan angka kemiskinan harus tepat sasaran. apalagi visi Pemkot Tasikmalaya dalam mengurangi kemiskinan adalah menurunkan tingkat kemiskinan sebanyak 5 persen sampai tahun 2022.

Disamping itu, Kota Tasikmalaya memang disebut sebagai Kota Dagang, industri dan jasa, tapi tetap bidang pertanian harus diperhatikan, dan ini harus mengoptimalkan lahan lahan pertanian yang produktif.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Walikota Tasikmalaya Drs.H. Muhamad Yusuf memberikan paparan sebagai ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Kota Tasikmalaya. Menurutnya, Kita akan berkeja keras bersama sama dengan steakholder lainnya untuk berupaya dan berusaha menurunkan angka kemiskinan sampai 5 persen.

Dalam kesempatan tersebut diputar tayangan Film Potret Kemiskinan di Kota Tasikmalaya.

Editor : van B

BAGIKAN