Antisipasi Bencana Alam, Forkopimcam Garut Kota Laksanakan Aksi Penanaman Pohon

193

Koran-Fakta.com, (KF).- Bertempat disepanjang bantaran sungai Cimanuk Kelurahan Pakuwon Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut Jawa Barat,Jum’at (10/01/2020) sekira pukul 08.00 WIB. Forkopimcam Garut Kota melakukan aksi penanaman 500 pohon (Reboisasi). Antisipasi guna penanganan terhadap tanah erosi, longsor dan banjir. Kegiatan tersebut sesuai dengan intruksi Presiden RI dan Kapolri.

Camat Garut Kota Bambang Hapidz M.Si
mengatakan penghijauan tersebut merupakan program pusat yang langsung intruksi dari Presiden dan Kapolri.”Pada hari ini secara nasional semua serentak menanam pohon,termasuk kita di kecamata n Garut kota,”katanya.Dan kenapa kita mengambil lokasi di bantaran sungai cimanuk,karena ini merupakan daerah rawan banjir, ucapnya

Dikatakan Bambang, dulu daerah sindangheula merupakan yang terkena dampak banjir bandang.Pihaknya menilai sangat perlu sekali dilokasi wilayah tersebut menjadi lahan hijau.

“Makanya lokasi ini jadi target penghijauan kami berikut daerah bantaran sungai Cimanuk Paminggir, daerah ini(Sindangheula) dan Paminggir dulu punya pengalaman banjir bandang,”ucapnya.

Bambang menjelaskan pohon yang ditanam untuk penghijauan sebanyak 500 pohon keras,seperti jenis pohon nangka, alpukat, durian dan lainnya.

Sementara itu Kapolsek Garut Kota Kompol H.Uus Susilo menghimbau pada masyarakat sekitar agar menjaga dan melestarikan pohon yang ditanam.

“Tanaman ini sangat bermanfaat sekali untuk menahan bencana banjir terutama pengikisan dan erosi karena semua sudah tahu sendiri sungai cimanuk kemarin-kemarin mengalami banjir yang luar biasa.Makanya masyarakat harus menjaganya dan melestarikan pohon yang kami tanam,”ujarnya.

Tambah Kapolsek,pohon yang ditanam selain bermamfaat untuk meengantisipasi banjir juga bermamfaat untuk perekonomian masyarakat.Karena kata Kapolsek,pohon yang ditanam pohon-pohon jenis buah-buahan.

“Masyarakat silahkan kalau nanti pohon ini sudah besar dan menghasikan buah,masyarakat untuk menikmatinya,”pungkasnya. (J Gunawan)

BAGIKAN