Banyaknya Permintaan Labu Darah Di Garut

287

KF,- Kegiatan Donor darah dalam rangka kesatuan gerak PKK, HUT KORPRI, HKN, HUT IBI dan HUT DWP, bertempat di Gedung Pendopo Kab Garut, Selasa (22/11/2016). Hal ini seiring banyaknya permintaan donor darah di Kabupaten Garut yang tidak pernah surut. Sampai akhir tahun nanti kebutuhan darah di Garut sekitar 3600 labu darah (350 cc darah per labu) atau 1800 labu per bulan. Hal tersebut diungkapkan, Kepala Bidang Pelayanan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Garut, Agus Koswara, kepada media di Gedung Pendopo.

Agus berharap dengan kegiatan ini jumlah labu untuk kebutuhan darah setiap bulannya mudah-mudahan bisa terpenuhi.

Agus Koswara(PMI)
Agus Koswara(PMI)

“Stok darah ini biasanya sering dibutuhkan oleh pengidap Thalasemia, Penyakit Dalam, juga untuk kebidanan seperti persalinan, dan bedah,” ungkapnya.

Lebih lanjut Agus menjelaskan, tidak serta merta darah yang didapat langsung disalurkan, tetapi ada proses pemeriksaan terlebih dahulu. Prosesnya habis donor melalui tabung kecil, dites terhadap 4 penyakit HIV, Spiis, Hepatitis B dan Hepatitis C, apabila ke – 4 penyakit itu tidak ada, maka darah lolos dan siap didistribusikan ke Rumah Sakit.

“Didistribusikan ke bank darah yang ada di RSUD dr. Slamet Garut, kalau di Rumah Sakit lain permintaan langsung ke PMI,” pungkasnya. (J Wan/Dra R)

BAGIKAN