Bawaslu Jabar Bentuk Para Kader Guna Mengatasi Potensi Kecurangan Pemilu

236
Ket Foto: Yusuf Kurnia selaku Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Jabar saat ditemui usai menghadiri SKPP di Salah satu Aula Hotel Diwilayah Cipanas Garut. (Foto oleh : Indra R)

Koran-Fakta.Com (KF).- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Jawa Barat membuat terobosan dengan mendidik kader-kader pengawas pemilu untuk mengantisipasi berbagai macam potensi kecurangan yang dimungkinkan terjadi dalam pesta demokrasi lima tahunan.

“Para kader pengawas pemilu tersebut diberikan berbagai pengetahuan dan keterampilan dalam mengantisipasi kecurangan lewat Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP). Dan ini pertama kalinya Bawaslu melibatkan publik, untuk melakukan pengawasan dalam pemilu,” ujar, Yusuf Kurnia selaku Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Jabar saat ditemui usai menghadiri SKPP di Salah satu Aula Hotel Diwilayah Cipanas Garut. Jum’at (22 November 2019) Siang.

Lanjut disampaikan, Di Indonesia saat ini baru di Jawabarat yang melakukan kegiatan SKPP. Yang mana hal ini untuk memperluas peran publik dalam pengawasan ataupun dalam pelaporan jikalau terjadi pelanggaran pemilu.

Sambung Yusuf, Selain pengetahuan tentang aturan perundang-undangan, para peserta SKPP itu juga diberikan pemahaman terkait berbagai potensi kecurangan yang harus diantisipasi hingga teknis pengawasan dan penindakan di lapangan.

“Ini menjadi komitmen kami, agar peran aktif masyarakat dalam mengawasi jalannya pemilu,” ungkapnya. (Indra R)

Editor : Van’s
BAGIKAN