BAZNAS Garut, Berikan Program Garut Peduli RUTISAE

230

GARUT, (KF).- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Garut melalui Program Garut Peduli Rumah Tinggal Dengan Sanitasi Sehat (RUTISAE), memberikan bantuan kepada 17 orang penerima manfaat. Bertempat di Aula Baznas, Kompleks Islamic Center jl. Pramuka no 42 Garut, Kamis (15/11).

“Ini bentuk kepedulian Baznas terhadap warga yang membutuhkan, khususnya diberikan 17 kepada guru ngaji marbot dan ustad, yang rumah atau mesjidnya membutuhkan perbaikan. Bantuan ini berupa uang senilai 10 juta rupiah perorang,” ucap Ketua Baznas Kabupaten Garut, Rd Aas Kosasih pada awak media disela kegiatan penandatanganan surat berita acara.

Lanjut Aas, mengatakan Program Garut Peduli ini dibagi dua pertama Garut peduli yang telah dilaksanakan bedah rumah tidak layak huni.

Saat penandatanganan berita acara

” Alhamdulillah sampai saat ini sebanyak 87 rumah telah diberikan pada masyarakat Garut dan yang sekarang ini dari Baznas Jawa barat, dalam bentuk program Garut Peduli Rumah Tinggal Dengan Sanitasi Sehat (RUTISAE),” ujarnya.

Lebih jauh Aas menjelaskan, bentuk bantuan ini akan diberikan secara bertahap. “Tahap pertama sebesar 75% akan diberikan hari Senin diruang rapat setda oleh bapak bupati Garut, dan tahap kedua sisanya sebesar 25% diserahkan setelah progres program pembangunan mencapai 70% untuk finishingnya,” jelasnya.

Penerima ini diberikan dari seluruh kab Garut sebagian dari SKPD dan sebagian dari UPZ kecamatan terkecuali tujuh kecamatan yang akan saya tidak berikan (dipending) terkecuali ada bantuan mendadak darurat,maka saya akan berikan.

” Tujuh kecamatan itu diantaranya pertama Kec. Banjarwangi, Kec. Caringin, Kec. Cikelet, Kec. Cibalong, Kec. Mekarmukti, Kec. Cihurip Dan Kecamatan Peundeuy. Ketujuh itu sampai saat ini belum memberikan setorannya pada kami (Baznas) Garut,” ungkapnya.

Sementara untuk katagori kriteria penerima manfaat ini, pertama yang betul betul masyarakat atau ustad yang betul-betul membutuhkan, dan punya rekomendasi dari pada pesantren atau DKM , serta mempunyai anak didik, pungkasnya.

Laporan: J Gunawan

Editor.: Van’s