Baznas Garut Gerak Cepat Bantu Korban dan Dirikan Dapur Relawan Bencana Banjir di Garut Selatan

82

Koran-Fakta.com, (KF). – Paska satu hari bencana banjir bandang yang menimpa disebagian daerah Garut Selatan. Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Garut langsung gerak cepat dengan mengirimkan tim BAZNAS Tanggap Bencana (BTB) Kabupaten Garut kelokasi kejadian Hal tersebut disampaikan Ketua Baznas Garut H Rd Aas Kosasih, Saat ditemui diruang kerjanya, Rabu (14/10/2020)

“Kita sudah mengirimkan dua tim, satu untuk Inventarisir kebutuhan apa saja yang diperlukan, tim kedua untuk membawa segala perlengkapan yang dibutuhkan,” kata Aas.

Menurutnya, bantuan yang diberikan diantaranya pemukaan posko dapur umum beserta bahan makanan standar nasional dua kali sehari untuk 350 relawan bencana banjir bandang.

” Pendirian dapur umum ini merupakan upaya Baznas Kabupaten Garut untuk memenuhi perbekalan makanan para relawan, karena terus terang saja biasanya ketika adanya bencana para relawan ini kurang terperhatikan dan diperhatikan,” Ungkapnya

Lebih jauh Aas menjelaslan, Kita dengan pa Wakil Bupati ke lokasi di desa Sagara memberikan bantuan kepada para pengungsi selimut sebanyak 80 dan, sembako 80 paket dan uang kadeudeuh.

Untuk bantuan keuangan, pihaknya menyalurkan di Desa Mekarsari. Wilayah tersebut menjadi salah satu daerah yang terdampak cukup parah. Aas mengungkapkan, terputusnya jembatan menyebabkan terputusnya sarana transportasi sehingga hampir 450 kepala keluarga terisolir.

“Untuk itu kita kerjasama dengan Baznas Provinsi untuk membantu para korban ini,” Jelasnya

Aas mengakui, pihaknya telah mengalokasikan bantuan untuk empat hari, jika masa tanggap darurat dan bantuan masih diperlukan, maka bantuan tersebut akan dilakukan perpanjangan.

” Insya Allah pengalaman ini Apabila ada lagi bencana semacam ini, kami BTB Garut akan lebih siap lagi, ” Pungkasnya (J Gunawan)

Editor:Vanz