BBWS Cimanuk -Cisanggarung, Berencana Bangun Taman Di Bantaran Sungai Cimanuk.

34
Ket Foto: istimewa

Wartawan: Beni

GARUT, (KF).-Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk – Cisanggarung berencana akan membangun taman dibeberapa titik bantaran Sungai Cimanuk pada 2018. Pembangunan taman dibantaran tersebut bertujuan agar bantaran Sungai Cimanuk tak disalahgunakan lagi oleh masyarakat dengan membangun pemukiman.

Kepala Bidang Perencanaan umum dan Program BBWS Cimanuk Cisanggarung Dwi Agus Kuncoro memaparkan, lokasi taman yang akan dibangun diantaranya di bantaran sungai dekat RSUD dr. Slamet Garut dan di kampung Cimacan. Pertimbangannya, dari lokasi-lokasi tersebut, terdapat banyak korban jiwa saat banjir bandang. Soalnya, di titik itu terdapat pemukiman penduduk yang cukup padat.

Taman terluas akan dibangun di Kampung Cimacan. Namun, kendalanya saat ini, masih ada warga Kampung Cimacan yang menolak pindah ke tempat lain. Bahkan, karena sikap warga itu, penguatan tanggul di Kampung Cimacan belum terlaksana.

“Untuk Cimanuk -Cisanggarung perlu berdiskusi terlebih dahulu dengan Pemerintah Kabupaten Garut terkait sejumlah warga Kampung Cimacan yang bertahan di bantaran sungai, karena pembangunan taman terbesar yang akan dibangun di Kampung Cimacan ” kata Agus pada wartawan. Selasa (5/12/17)

Menurut Agus, pembangunan taman di bantaran sungai bertujuan agar bantaran sungai tak disalahgunakan lagi untuk pemukiman. Apabila bantaran sungai dibiarkan begitu saja berupa tanah kosong, dikhawatirkan akan muncul kembali pemukiman tak berizin.

Taman juga berfungsi sebagai tempat untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga sungai. Pembangunan taman merupakan satu kesatuan dengan program penguatan tanggul Sungai Cimanuk. Adapun, penguatan tanggul Sungai Cimanuk direncanakan pada akhir 2017.

” Untuk tahun ini, penguatan tanggul hanya dilakukan diwilayah perkotaan Kabupaten Garut yang terdampak banjir bandang.” Tutupnya

Editor : Van’s

BAGIKAN