Belasan Kendaraan Tradisional Hibur Warga Desa Mekargailh, Kecamatan Tarogong kidul.

140

GARUT, (KF).- BELASAN “Delman” yang merupakan Kendaraan Transportasi tradisional, yang tidak menggunakan mesin tetapi menggunakan kuda sebagai penggantinya. menjadi hiburan masyarakat di Desa Mekargailh, Kecamatan Tarogong kidul, kabupaten Garut Jawabarat.

Pasalnya puluhan anak yang akan mengikuti khitanan masal pada rangkaian acara Milangkala Desa Mekargailh ke 38 tahun. Yang dilaksanakan di wilayah Desa Mekargailh pada puncak acara besok, Minggu (23/12) diharapakan dapat menjadi momentum bersejarah kebersamaan dalam membangun Desa.

Ketua panitia kegiatan milad, Baban Sobana yang juga Sekretaris Kepala Desa Mekargalih menyapaikan kegiatan Iring iringan delman ini masih dalam rangkain milangkala desa Mekargalih ke 38.

” Sebelum peserta khinatan massal berlangsung esok hari Minggu (23/12/2018) pagi, 27 peserta khinatan massal ini diarak keliling wilayah dengan menggunakan delman,” ujarnya.

Lebih jauh menjelaskan. Roteu arak arakan delman ini di mulai dari halaman Kantor Desa Mekargalih, Bojong Awi, Pamoyanan, Pemda, Sukagalih, Cirendang dan kembali ke Kantor Desa Mekargalih.

“Untuk acara selanjutnya ada baksos donor darah dan pemeriksaan gratis, dan untuk perserta khitanan setelah arak arakan akan diadakan pemeriksaan dahulu sebelum besok di Khitan,” ungkapnya.

Ia menambahkan, berharap bakti sosial khitanan massal ini dapat menjadi berkah untuk warga masyarakat Desa Mekargalih.

“mudah mudahan do’a dari semua warga khususnya anak yang dikhitan menjadi anak yang Sholeh, berbakhti pada Nusa dan bangsa, serta kedepannya untuk kemajukan Desa Mekargalih sendiri,” paparnya.

Sementara Pjs Kades Mekargalih Idad Badrudin menambahkan untuk puncak acara besok selain Khitanan massal juga berbarengan dengan digelarnya deklarasi Desa Mekargalih bebas dari Buang air sembarangan (ODF).

” Insyaallah besok rencananya kegiatan akan dihadiri oleh Bupati Garut H Rudy Gunawan”,pungkasnya.

Laporan : J Gunawan

Editor. : Indra R

BAGIKAN