Berawal Dari Keluhan Petani, Warga RW 07 Cigantang Lakukan Aksi Bersihkan Saluran Irigasi

81

Penulis : Tono Efendi

Kota Tasikmalaya, (KF)- Berawal dari keluhan para petani dan warga, akibat saluran irigasi yang melintasi Kelurahan Cigantang, Kec.Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, mengalami penyumbatan akibat sampah. Warga yang berada diwilayah RW 07, Minggu (11/2/2018) pagi tadi bahu membahu melaksanakan kegiatan gotong royong.

Kegiatan bersih bersih ini langsung dikomandoi Ketua RW 07, H.Enjang ZM. Bersama warga sekitar, mereka melakukan aksi kebersihan disepanjang saluran irigasi yang memiliki panjang kurang lebih 1.000 meter.

“Jika tidak segera dibersihkan khawatir kerusakan jaringan irigasi ini akan berdampak pada debit air yang mengairi ke pesawahan, sehingga air menjadi tersendat serta akan hilang ditengah jalan,” ucap Enjang kepada koran-fakta.com.

Lebih lanjut dia mengatakan, saluran irigasi ini menghubungkan aliran yang melintasi RT.01 Gunung Yuda hingga RT.05 Sukasari. Disekitar saluran tersebut, selain kondisinya rusak parah, juga mengalami pendangkalan karena adanya penyempitan dititik tertentu, sehingga air yang mengalir menjadi tidak maksimal, terangnya.

“Apalagi jika musim kemarau tiba, saluran air yang mengalir menjadi dangkal, sehingga aliran air yang mengairi ke pesawahan menjadi kering, dan ini tentunya akan berdampak kepada para petani, kesulitan air akan memperparah dan beresiko padi gagal tanam dan gagal panen,” imbuhnya. Oleh karena itu kerusakan irigasi akan berimbas terhadap gagalnya produksi para petani, katanya.

Untuk lebih memberikan kesadaran terhadap warga dalam ikut memelihara irigasi dan saluran, aparat kelurahan berikut warga harus bisa lebih proaktif melakukan kegiatan rutin untuk sama sama membantu petani, seperti  mendisiplinkan waktu serta jadwal dalam pemeliharaan Irigasi tersebut.

Dengan kondisi seperti ini, pihak kami khususnya di lingkungan RW 07, dalam menyikapi permasalahan ini, selalu melakukan koordinasi baik mulai dari tingkat kelurahan, kecamatan hingga dinas instansi terkait, ujarnya. Apalagi kedepan RW 07 memiliki agenda utama, selain perbaikan irigasi secara manual dan swadaya, juga akan memburu hama tikus, pungkasnya.

Editor: Van’s

BAGIKAN