Berbagai Perlombaan Digelar SDN Cikalang pada Peringatan Hari Guru Nasional 2019

87

koran-fakta.com (KF).- Hari Guru di Indonesia ditetapkan melalui Keputusan Presiden No 78 Tahun 1994. Keppres ini menetapkan berdirinya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) sekaligus sebagai Hari Guru Nasional.

Hari ini, Senin (25/11/2019) diperingati sebagai Hari Guru Nasional.

Hari Guru Nasional diperingati bersama hari ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan tahun 2019 ini merupakan HUT ke 74 PGRI.

Biasanya, pada Hari Guru Nasional dirayakan dalam bentuk upacara peringatan dan pemberian tanda jasa bagi guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah. Termasuk megadakan kegiatan dan perlombaan, seperti yang dilaksanakan oleh SD Cikalang 1 Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya.

Untuk memperingati Hari Guru Nasional Tahun 2019, SD Cikalang menggelar beberapa kegiatan seperti, Lomba membaca puisi, fhasion show, mewarnai, kaligrafi dam lomba merias tumpeng oleh orang tua siswa.

Di Hari Guru Nasional ini, berbagai guru mengutarakan harapannya.

“Guru dapat meningkatkan prestasi, terutama peserta didik, karena sebagai wujud pertanggungjawaban seorang guru yang mendapatkan fasilitas lengkap dari pemerintah, termasuk yang telah sertifikasi untuk memangku tanggung jawab mencerdaskan anak bangsa,” ungkap Dedeh Rahwati, S.Pd, M.Pd., Kepala SD Negeri Cikalang 1 Kec.Tawang Kota Tasikmalaya usai melaksanakan upacara Hari Guru Nasional 2019 di halaman Komplek SD Negeri Cikalang kepada koran-fakta.com, senin (25/11/2019) pagi tadi.

Dalam kesempatan tersebut, dia pun berharap agar guru-guru tetap semangat untuk mencerdaskan dan membimbing peserta didik, mencapai cita-cita luhur dan menjadi insan yang mulia, dengan memperkuat pendidikan dalam mentransfer ilmu dengan mengintegrasikan pendidikan karakter, harapnya.

Bahkan kepada guru guru, Dedeh Rachwati selalu menekankan kepada guru guru dilingkungannya untuk selalu meningkatkan kerja dan kedisiplinan. Termasuk melatih Kesabaran pada bapak ibu guru dalam menghadapi anak. Bahkan dirinya selalu mengingatkan, jangan pakai kekerasan didalam memberikan pelajaran terhadap peserta didik, tetapi gunakanlah sentuhan hati, katanya.

“Momemtum Hari Guru Nasional ini mudah mudahan, terus terjalin nya hubungan komunikasi yang baik antara orang tua dengan sekolah sehingga terwujud ekosistem sekolah yg berkarakter kompetitif dan inovatif serta melatih anak untuk berkompetisi dengan teman teman nya serta melatih keberanian tampil di depan umum, “pungkasnya. (tono efendi)

Editor : Indra R

BAGIKAN