BKBPP Garut Sosialisasikan Program Kampung KB di Desa Pangauban

293

Garut (KF) – Badan Keluarga Berencana Dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPP) Kabupaten Garut melaksanakan Sosialisasi Kampung Keluarga Berencana (KB) di Desa Pangauban Kecamatan Cisurupan, Kamis (20/10/16).

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat, Drs Sugilar menjelaskan, Program Kampung KB diharapkan bisa menetaskan kemiskinan. “Makanya dengan adanya kampung KB ini selain menetaskan kemiskinan, juga menunjang keluarga yang sejahtera,” jelasnya.

Ia juga menambahkan, untuk Kampung KB juga harus diperhatikan dari sektor kesehatan, hingga nantinya tidak ada lagi anak yang tidak mendapatkan pelayanan Posyandu dan menurunkan gizi buruk terutama di Kampung KB yang berada di Desa Pangauban Kecamatan Cisurupan. “Untuk program Kampung KB ini, perlu adanya dukungan semua pihak terutama masyarakat dan para kepala SKPD, dan nantinya kalau berhasil maka desa tersebut akan dijadikan Desa Kampung KB percontohan di Provinsi Jawa Barat,” katanya.
20161020_101609
Sementara itu, Bupati Garut dalam sambutanya menyebutkan, untuk Kampung KB memang diperlukan di seluruh desa, sebab keberhasilan program KB akan sangat membantu dalam meningkatkan kualitas hidup manusia. “Maka saya meminta agar masyarakat terus aktif untuk mendukung program kampung KB ini, dan jangan sampai hanya pada pencanangan saja. Tapi harus ada aksi dan gerakan agar kesejahteraan masyarakat meningkat,” ucapnya.

Lanjut Rudy, gerakan pencanangan Kampung KB ini, nantinya bisa bersinergis dengan program kesehatan, pendidikan dan lingkungan. Selain itu program KB harus tetap ditingkatkan yakni dua anak sudah cukup. “Saya mengharapkan nantinya Kampung KB bisa dibentuk disetiap kecamatan hingga akhirnya satu desa bisa memiliki kampung KB,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Kepala Badan Keluarga Berencana Dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPP) Kab Garut, Tony Tisna Somantri mengatakan, program Kampung KB ini merupakan program yang dicanangkan oleh Presiden RI yang harus disosilisasikan di setiap kecamatan. “Untuk Kabupaten Garut, pihak BKBPP untuk tahun 2016 ini dilaksanakan di Desa Pangauban Kecamatan Cisurupan,” ucap Tony.

Selain itu, untuk program Kampung KB sendiri, lanjut Tony, bertujuan diantaranya untuk mensejahterakan masyarakat, terutama dalam kesehatan, serta dari sarana prasarana yang berada di kampung tersebut agar nantinya sumberdaya manusianya meningkat.

Ia juga menjelaskan, Kampung KB merupakan salah satu program revolusi mental berbasis keluarga, dengan membangun karakter yang lebih maju terutama dalam sumber daya manusianya. “Kami mengharapkan program Kampung KB bisa dimanfaatkan langsung oleh masyarakat, terutama di wilayah katagori miskin, padat penduduk dan terpencil yang tersebar di Indonesia. Kampung KB ini difokuskan pada masyarakat tidak mampu dan tidak punya akses terhadap fasilitas kesehatan,” jelasnya. (Beni)