BPN/ATR Garut Menggelar Sosialisasi HT Elektronik Serta Pembinan PPAT dan MPPD

110

Koran-Fakta. Com,(KF).- Untuk mewujudkan kemudahan usaha melalui layanan pertanahan yang maju dan modern. Kantor BPN/ATR Kabupaten Garut melaksanakan Sosialisasi HT Elektronik, Pembinaan PPAT dan MPPD (Majelis Pembina dan Pengawas Penjabat Pembuat Akta Tanah Daerah, Bertempat di Aula Hotel Santika Jalan Cipanas Baru, Kabupaten Garut, Selasa (25/02/2020).

Sosialisasi Hak Tanggungan (HT) Elektronik BPN/ATR ini adalah upaya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat secara cepat dan transparan melalui ide program transformasi digital. Di mana layanan pertanahan dapat di akses oleh masyarakat secara elektronik dari mana saja dan kapan saja, sehingga menjadi efektif, efisien, dan transparan.
pelayanan jauh lebih cepat, lebih baik dan lebih aman untuk masyarakat maupun untuk semuanya, Hal tersebut dikatakan Kepala BPN/ATR Kabupaten Garut, Hayu Sosilo saat ditemui para awak media disela kegiatan.

Lebih jauh Hayu menjelaskan, tadi ada dua kegiatan pertama pelantikan PPAT baru dan dilanjutkan dengan sosialisasi tentang Hak Tanggunan elektronik, di mana kita kerja sama PPAT dengan Bank melakukan pelayanan sertifikasi tanah untuk lebih cepat dan lebih baik, dengan menggunakan elektronik sistem elektronik. semuanya terdaftar dan selalu mendaftarkan diri sesuai ketentuan yang berlaku,

” Aplikasi ini sangat mudah di askses oleh masyarakat dengan sistem bisa dibuka dicari download, masyarakat dengan mudah sejauh mana posisi pelayanan sertifikat enggak sampe di mana itu sampe di mana dan penerbitan hanya 7 hari sejak tanggal meng-upload dokumen yang bisa langsung dicetak,” Jelasnya

Hayu mengakui, aplikasi ini pelaksanaannya berawal dari 2017 namun baru sampel dan cuma ada dibeberapa kantor tertentu saja yang sudah siap, ” Sementara untuk di Jawa Barat diluncurkan pada 2019 khususnya semua seluruh kantor pertanahan yang ada, ” Tuturnya. (J Gunawan)

BAGIKAN