BUMDES Rancasalak Harus Bisa Dongkrak Perekonomian Masyarakat

57

GARUT, (KF).- Bumdes merupakan badan usaha milik desa yg bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat desa. Demikian dikatakan Kepala Desa Rancasalak Kecamatan Kadungora, Budi Raharja SE dalam sambutan Pelatihan Kapasitas Pengelolaan Bumdes yang dihadiri TA-PED Garut, Kasi Pengembangan Lembaga Ekonomi Desa-DPMD Garut serta Pemerintah Kecamatan Kadungora, Rabu, (28/3)di aula Desa Rancasalak.

Pelatihan ini merupakan program bidang pemberdayaan dalam penggunaan Dana Desa 2018, dengan harapan sebagai titik awal dimana kedepannya pengurus Bumdes bisa melaksanakan pengelolaan kegiatan yg bisa melayani dalam meningkatkan perekonomian masyarakat Desa. Bumdes bisa dijadikan koodinator setiap bentuk usaha yang ada didesa menjadi desa mandiri” ungkapnya.

Hal yang sama dikatakan Leni Yuhaeni,SE Tenaga Ahli Pemberdayaan Ekonomi Desa Kabupaten Garut, “Pengurus Bumdes dalam melaksanakan kegiatan harus di niatkan ibadah serta keinginan membangun masyarakat desa. Sehingga bisa mendongkrak pendapatan desa. Dalam hal tehnik administrasi pengurus Bumdes harus mempunyai administrasi yang bisa dipertanggung jawabkan, untuk itu pembukuan bumdes serta managemen harus benar benar”, katanya

Ketpoto: istimewa

Sementara itu Asep Jaenudin S.Sos Kasi Pengembangan Lembaga Ekonomi Desa DPMD kabupaten Garut lebih menekankan bagaimana Bumdes bisa mencari peluang usaha yang ada dimasyarakat desa untuk lebih di tingkatkan.

Keberadaan Bumdes itu harus benar benar bisa mencari peluang usaha serta meningkatkan usaha yang sudah ada di masyarakat yang dibentuk melalui Forum Musyawarah Desa. Bumdes menjadi inisiator dalam pengembangan usaha sehingga dapat mendongkrak dab meningkatkan kelompok perekonomian masyarakat desa”katanya.

Penulis : Heri Fajar

Editor. : j Wan