Bupati Garut Buka Gelaran Festival Kopi Garut

307

Koran-Fakta.com, (KF). – Bertempat di Gedung dan Halaman Pendopo Garut, Dinas Pertanian Kabupaten Garut menggelar helaran ” Festival Kopi Garut” yang diselenggarakan pada tanggal 7-8 Desember 2019.

Gelaran Festival Kopi Garut secara resmi dibuka Bupati Garut H Rudy Gunawan, Hadir dalam acara Kapolres Garut AKBP Dede Yudi Ferdiansah, Dandim 0611/ Garut Letkol.Inf Erwin Agung TWA, Ketua Koni Garut Abdusy Syakur Amin, para Kepala SKPD, Para Camat, para pengusaha kopi dan tamu undangan.

Dalam sambutannya Bupati Garut mengatakan, produk hasil bumi kopi di kabupaten Garut sangat meningkat, serta menjadi peluang industri yang baik bagi pengembangan perekonomian petani kopi kabupaten Garut.

” Acara Festival Kopi Garut ini merupakan satu usaha Pemkab Garut beserta petani, stake holder dan Asosiasi Pengusaha Kopi kabupaten Garut serta Buyer yang akan datang dari luar daerah untuk menjajaki kenikmatan kopi kabupaten Garut” kata Bupati Garut.

Masih kata Bupati Rudy, tahun 2020 Garut mendapat undangan kehormatan untuk mengikuti pameran internasional di Dhubai UEA, diantaranya produk yang akan dipamerkan oleh kabupaten Garut yakni Kopi Garut pilihan yang bisa dijadikan bagian dari ekpor ke luar negeri.

” Tentunya melalui kegiatan ini diharapkan dapat menciptakan jaringan antara petani, dengan kalangan industri, supaya kopi yang ada dikabupaten Garut benar – benar kopi yang bisa meningkatkan kesejahteraan petani kopi, insya allah dengan kegiatan ini diharapkan pula petani juga bila lebih meningkatkan bukan hanya menjual cerry, tetapi bisa mengolah dan mempacking sehingga packingan itu bisa meningkatkan harga kopi itu sendiri” harap Bupati Rudy.

Terakhir Bupati menyampaikan apresiasinya kepada Dinas Pertanian kabupaten Garut yang telah menggelar acara festival kopi Garut ini.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Beni Yoga memaparkan, acara yang bertemakan ” Wancina Ngopi Suruput Kopi Garut ” diikuti oleh hampir kurang lebih 250 Kelompok Tani kopi di 28 kecamatan yang merupakan penghasil kopi Garut.

” Ini akan menjadi moment penting kebangkitan kopi asli Garut untuk dipamerkan kepada masyarakat Garut maupun luar Garut bahkan mayarakat Internasional” kata pria yang akrab di panggil Beni Yoga ini.

Masih kata Beni, sebenarnya untuk saat ini produk kopi Garut telah menembus pasar Internasional, terbukti dengan pengiriman ekspor ke Taiwan dan China yang telah mencapau 125 ton untuk tahun ini.

” Tetapi dalam hal ini Pemkab Garut memiliki keinginan untuk produk kopi Garut lebih mendunia lagi sebagai industri yang bisa meningkatkan perekonomian petani Garut melalui hasil kopi yang diolah secara profesional” pungkasnya. (J wan/ **)

BAGIKAN