Bupati Garut, Buka Gelaran Festival Seni Bela Diri Pencak Silat

191

Penulis: Beny

GARUT, (KF)- Festival seni beladiri Pencak Silat Seri II antar paguron Se- Kabupaten Garut Tahun 2018, yang digagas Karang Taruna Sakti Desa Cihuni Kecamatan Pangatikan di buka langsung Bupati Garut Rudy Gunawan Sabtu (10/2/18)

Dalam sambutanya Bupati Garut Rudy Gunawan mengatakan, bela diri pencak silat adalah merupakan bagian dari motivasi untuk pengembangan budaya yang ada di daerah, juga sekaligus tempat mempererat tali silaturahim antar paguron yang ada di Kabupaten Garut

“Seni bela diri pencak silat ini, salah satu seni budaya yang harus selalu dijaga dan dilestarikan, karena kesenian bela diri pencak silat merupakan budaya yang dimiliki orang Jawa Barat, ” ucapnya.

Lebih lanjut Rudy menyampaikan, untuk cabang seni bela diri penca silat ini merupakan salah satu kesenian ciri khas Jawa Barat yang harus dikembangkan khususnya di Kabupaten Garut, bahkan pencak silat ini sudah masuk menjadi cabang olahraga yang paling banyak menyumbangkan mendali untuk Kabupaten Garut.

” Saya berharap agar seni bela diri ini bisa selalu dilestarikan dan dijaga, karena seni pencak silat ini sudah dikenal dimanca negera, ” ucapnya.

Bahkan saat berkeliling ke 422 Desa dari 42 Kecamatan, tidak ada yang sekompak karang taruna yang berada di Desa Cihuni Kecamatan Pangatikan.

Sementara itu Kepala Desa Cihuni mengatakan pegelaran festival seni bela diri pencak silat ini, digagas langsung oleh Karang Taruna Desa Cihuni. Bahkan kegiatan pegelaran seni bela diri pencak silat sudah yang kedua kalinya dan untuk festival seni tersebut. Tahun ini di ikuti sebanyak 25 paguron dan diikuti 300 peserta,

” Untuk festival kesenian bela diri pencak silat ini, berbeda dengan tahun sebelumnya, untuk tahun kemarin kita mengadakan festival antar kecamatan, dan sekarang di ikuti Se- Kabupaten Garut, mudah-mudahan tahun depan bisa Se- Jawa Barat, ” harapnya.

Editor: Van’s

BAGIKAN