Bupati Garut : Empat Dinas Yang Berpotensi Akan Pungli

187

Foto :Indra R Bupati Garut H.Rudy Gunawan Saat dijumpai Wartawan
Foto :Indra R
Bupati Garut H.Rudy Gunawan Saat dijumpai Wartawan
KF.- Mananggapi Keluhan Adanya dugaan praktik Pungutan Liar(PUNGLI) yang dilakukan oknum dalam Intansi ataupun Calo didalam kantor pelayanan Publik pemerintah di kabupaten Garut, tidak dipungkiri Oleh Bupati Garut H.Rudy Gunawan. Setidaknya ada 4 intansi yang berpotensi paling besar terjadi Pungutan liar.

Dikatakannya, beberapa pelayanan publik yang kerap dikeluhkan masyarkat pertama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Didukcapil), Badan Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu(BPMPT), Dinas Perhubungan(DISHUB) Juga Dinas Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset(DPPKA). Sementara untuk transparansi perizinan maka akan diupayakan secara elektronik kedepannya.

“Untuk aspek pengawasannya, kita sekarang coba, misalnya BPMPT itu kan mengeluarkan izin setelah ada rekomendasi, jadi kalau misalnya rekomendasinya lama, tidak ada rekomendasi maka izinnya tidak keluar karena belum memenuhi persyaratan,” Katanya.

Sementara intansi lain yang paling potensial terjadi adanya pungli yakni Intansi yang menyelenggarakan pelayanan publik, diantaranya pada sektor perizinan dan rekomendasi di semua Dinas.

“Nah saya berharap dinas ini cepat tiga hari sudah memberi kepastian ke masyarkat terkait pelayanan. Kita juga tidak ingin masyarakat menggunakan calo dalam pemenuhan Pelayanan Publik di Intansi Pemerintah Daerah,” Ujarnya.

Lebih Jauh dikatakan pihaknya mengaku belum mendapat laporan terkait adanya Pungutan Liar yang terjadi di Intansi yang ada di Pemerintah Daerah Kabupaten Garut. Kendati tidak menutup kemungkinan praktik Pungli tersebut masih saja terjadi, Pungkasnya.(Indra R)

BAGIKAN