BUPATI GARUT LUNCURKAN AMBULAN GRATIS “SIJERUK GARUT 119”

53

Wartawan: Jay AS

GARUT, ( KF ) – Pemerintah Kabupaten Garut Meluncurkan Ambulance Gratis yang diberi nama Ambulance SIJERUK GARUT “119”. Ambulance gratis ini merupakan Program Dinas Kesehatan Kab. Garut yang dilaunching bersamaan dengan Kegiatan Pameran Inovasi dan Kreativitas Garut Expo “Inovasi Tiada henti 2017” pada 29-30 November 2017 di Gedung Pendopo Kabupaten Garut.

Bupati Garut H. Rudy Gunawan mengatakan, Ambulance Sijeruk 119 (Sistem Informasi Jejaring Rujukan Kab. Garut) merupakan sistem pelayanan kegawatdaruratan yang dapat melayani semua kasus gawat darurat, baik itu kasus kecelakaan dijalan raya, atau tempat lainnya terutama yang berhubungan dengan upaya penurunan angka kematian ibu dan bayi, serta dapat dijangkau dan diakses oleh seluruh masyarakat di wilayah Kab. Garut. Ambulan Gratis SIJERUK ini akan terintegrasi dengan Public Service Centre (PSC) 119 yang sudah diluncurkan oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Ambulance gratis yang akan beroperasi selama 24 jam itu, kata Bupati, akan melayani seluruh masyarakat Garut dengan Sistem Informasi Jejaring Rujukan (Sijeruk), yang bertujuan agar semua masyarakat dapat mengakses fasilitas-fasilitas kesehatan tingkat pertama, sehingga dapat mengurangi resiko terjadinya kematian yang diakibatkan oleh adanya cedera atau kondisi kegawatdaruratan lainnya.

“Fasilitas di dalam mobil ambulance 119 cukup lengkap dengan adanya oksigen, alat infus dan peralatan medis lainnya.”Ujar Rudy Gunawan.

Sistem kendali operasi pelayanan ambulance SIJERUK GARUT 119 kedepannya akan berada dibawah koordinasi kepala UPT Puskesmas. Dalam teknisnya, bagi masyarakat yang menghadapi masalah kegawatdaruratan dapat langsung menghubungi Call Centre 119 untuk meminta bantuan ambulance gratis. Kemudian opeartor yang berada di Public Service Centre (PSC) akan segera mengirimkan bantuan ambulance untuk selanjutnya akan dirujuk ke rumah sakit atau pusat kesehatan terdekat untuk dilakukan tindakan medis lanjutan.

“Ambulance 119 yang dilaunching pada PameranGarut Expo baru disiapkan 3 unit dari rencana 6 unit. Yang saat ini sudah ada yakni dua unit untuk kegawatdaruratan, dan satu unit lagi Ambulance Jenazah. Semuanya gratis untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat Garut.” tambah Rudy Gunawan.

Rudy menyebutkan, berbagai fasilitas medis telah disediakan dalam mobil ambulance khusus untuk medis, diantaranya mulai dari oxigen, alat detak jantung, dan perawatan anak-anak. Kedua ambulance yang saat ini sudah ada telah dilengkapi fasilitas medis guna pertolongan pertama.

Rudy lebih lanjut menerangkan, keberadaan fasilitas mobil ambulans ini, merupakan komitmen Pemerintah Daerah dalam memberikan fasilitas kesehatan bagi masyarakat. Kedepannya Pemda Garut akan menyediakan ambulan SIJERUK GARUT 119 di setiap Kecamatan, namun untuk saat ini kita fokuskan di seputaran Garut Kota dan Sekitarnya. akan tetapi apabila ada Jenazah yang harus diantarkan ke daerah yang jangkauannya jauh misalnya daerah Garut Selatan, akan tetap dilayani.

Editor : Van’s

BAGIKAN