Busyet, Ternyata Dana Hibah Kabupaten Tasik Ada Yang Nyasar ke Kota Bogor dan Kota Tasik ?

165

KAB.TASIKMALAYA, (KF).- Kasus Dana Hibah Kabupaten Tasikmalaya, yang kini ditangani Polda Jabar dan telah menetapkan 9 tersangka diantaranya 6 ASN termasuk Sekda Kabupaten Tasikmalaya AK dan 3 Warga Sipil, ternyata kabar terbaru menyebutkan, ada beberapa aliran dana hibah lagi yang menyasar kemana mana, bahkan hingga keluar Daerah Kabupaten Tasikmalaya.

“Aliran dana hibah Kabupaten Tasikmalaya, ternyata nyasar kemana mana. Dari daftar Lembaga/Yayasan/Forum penerima hibah periode Januari-Juni 2017, dana hibah yang di cairkan ada penerima dari Kota Bogor dan Kota Tasikmalaya,” Ungkap Ir.H.Nanang Nurjamil, MM,. pegiat Anti Korupsi Tasikmalaya, Minggu (25/11/2018) siang.

Menurut Nanang, dalam pencairan penerima dana hibah Kab. Tasikmalaya Periode pencairan Januari – Juni 2017, ada 598 lembaga/yayasan dan 81 orang Penerima Dana Hibah yg tercantum dalam daftar Penerma Hibah Kab. Tasikmalaya pada Periode pencairan pertama di TA. 2017.

“Apakah benar mereka mereka itu menerima atau tidak, ataukah hanya dicatut namanya saja, atau lembaga dan kegiatannya fiktif ? Kita serahkan sepenuhnya kepada penyidik dari institusi penegak hukum yang akan mengusut dan membuktikannya,” kata Nanang sambil memperlihatkan copy an data data penerima bantuan  hibah tadi.

Ketua Departemen Investigasi lembaga Komunitas Pengawas Korupsi (KPK) DPC Kota/Kabuoaten Tasikmalaya itu kembali menegaskan, jika memang Pemkab Tasikmalaya berkomitmen dan mau transparan, seperti apa yang disampaikan PLT Bupati Tasikmalaya di beberapa media menyebutkan,  semestinya daftar penerima hibah seperti ini dimuat di media cetak dan online secara luas dan transparan. “Ini kan uang rakyat kenapa harus disembunyikan ?,” Tegasnya.

Laporan: Tono Efendi

Editor : Van’s