Candil Dukung Program Pemerintah, Tunda Nikah Usia Muda

252
Candil berpoto bersama siswi SMAN 11 Garut, dalam kegiatan sosialisasi generasi berencana

KF.- Siapa yang tak kenal rocker , dengan rambut awut-awutan Pelantun tembang ‘ Rocker juga manusia”. mantan vokalis Band Seurieus ini adalah DIAN Dipa Chandra yang lebih akrab dipanggil Candil, ketika tampil di SMA Negeri 11 Garut Kota.
Candil sangat mendukung program pemerintah dalam mensosialisasikan generasi berencana, atau rencana berkeluarga di antaranya bisa menunda pernikahan muda atau minimal usia nikah pada laki-laki usia 25 tahun dan perempuan usia 20 tahun. Bahkan, mengajak kepada siswa SMAN 11 agar selalu menjauhi narkoba, sek bebas, dan hal-hal negatif lainnya.
“Saya percaya anak-anak Garut yang manis-manis kaya dodol ini pasti menjauhi narkoba dan sek bebas. Saya pun sangat mendukung kegiatan ini dalam rangka mensosialisasikan generasi berencana,” kata Candil yang aslinya memiliki rambut pendek.
Penampilan vokalis “Seurieus” itu sepertinya cukup memuaskan siswa SMAN 11 Garut dengan membawakan beberapa lagu, di antaranya goyang dumang yang berduet dengan anggota DPR RI Hj. Siti Mutafahah. Dengan sesekali berdialog dengan penonton akan pentingnya menunda nikah muda, dan menjauhi narkoba. Bahkan, dia pun sangat setuju adanya pelajaran atau apalah namanya yang memberitahu tentang bahaya sek bebas. “Kalau pacaran sih boleh boleh saja, Tapi tetap harus jaga diri dan jauhi sek bebas apalagi narkoba,” ujarnya.
Pria kelahiran Bandung, 25 Agustus 1974 yang menikah dengan Fanny dan telah dikaruniai dua orang anak ini pun langsung diburu penggemarnya untuk berfoto. Dalam kesempatan itu , Candil pun kepada “Koran Fakta.com ” bercerita perjalanan karirnya, selain menyanyi, pernah tampil menjadi cameo di beberapa film, antara lain sebagai seorang waria dalam film The Tarix Jabrix, Asoy Geboy, film Kawin Laris. Dan terpilih memerankan tokoh Mahmud, yakni seorang asisten penghulu di film Kawin Laris tersebut. Karena kesibukan berakting dilayar lebar dan mengerjakan proyek album solo akhirnya setelah 14 tahun bersama “Seurieus”, Candil memutuskan untuk hengkang dari band yang telah membesarkan namanya itu.
Sementara itu, Kepala Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPP) Kab. Garut Toni T Somantri menjelaskan, Dia juga sering ke Garut, dan tampil di beberapa acara, program sosialisasi generasi berencana ini memang program pusat, yang difokuskan untuk disosialsasikan kepada anak-anak muda. “Dari pusat sengaja membawa artis Candil ini agar lebih dekat dengan kaum muda,” jelasnya.
Toni menyebutkan, tingkat partisipasi masyarakat terhadap pengunaan alat kontrasepsi KB di Kabupaten Garut terus meningkat.Bahkan tingkat pencapaian partisipasi peserta KB (Keluarga Berencana) produktif sampai saat ini memang sudah mencapai target. Namun, disamping itu lebih pentingnya lagi mensosialisasikan tentang rencana keluarga bagi anak-anak muda, seperti di antaranya menunda nikah muda, atau kalau mau nikah bagi laki-laki usia 25 tahun dan kalau wanita lebih dari 20 tahun. “Itu bagus karena pernikahan usia muda memang sangat rentan, selain rentan kelahiran dengen resiko kehamilan juga sangat beresiko.” ujarnya. (Dra R/JG)***

BAGIKAN