Cucu Tawarkan Program SADULUR Untuk Warga Desa Janggala

77

Jurnalis : Tono Efendi

Tasikmalaya, (KF)- Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Kabupaten Tasikmalaya, akan dilakukan serentak pada 27 Nopember 2017 mendatang. Berbagai macam persiapan tentunya telah dipersiapkan oleh para calon calon Kepala Desa di daerah.

Desa Janggala yang berada di wilayah Kecamatan Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya, diprediksi banyak pihak akan berlangsung seru, pasalnya disamping ada 3 Calon Kades yang maju, salah satunya Calon Incumbent akan bertarung kembali untuk menduduki Janggala 1.

Lawan Calon Kades Incumbent yang akan menjadi calon kuat dan bakal menjadi primadona masyarakat Desa Janggala adalah Cucu Suwandana. Putra daerah aseli Janggala kelahiran 1970 ini mengaku telah siap untuk mengabdi dan membangun tanah kelahirannya.

Pada dasarnya masyarakat mampu dan mau utk melakukan pembangunan dan tidak lepas dari semangat gotong royong yang masih kuat. Namun demikian
Pemerataan pembangunan teraebut rasanya hingga kini belum merata yang inginkan masyarakat Desa Janggala, ungkap Cucu Suwandana kepada Jurnalis koran-fakta.com, Jumat (17/11/2017) sore tadi.

Menurut Cucu, Masyarakat Janggala kini sudah cerdas mereka menginginkan keterbukaan atau transparansi publik, pelayanan kepada masyarakat yang mudah cepat dan tepat. Bahkan mereka berharap Urdes dihilangkan, sinergisitas antara Pemdes dan Lembaga Desa harus terwujud, ungkap Cucu yang kini tinggal di Kp. Parakantiga Rt 12 Rw 02 Desa Janggala Kec.Sukaraja Kab.Tasikmalaya.

Bahkan suami sari Neni Rusdiani ini, jika terpilih menjadi Kades Janggala, seabreg program jangka pendek dan jangka panjang siap dia terapkan dan dijalankan demi suksesnya pembangunan Desa Janggala ke arah yang lebih baik, sesuai visi misi yang ia akan wujudkan bersama warga Desa Janggala, dengan jargon mottonya “SADULUR” (Sejahtera, Aman, Demokratis, Unggul, Lancar, Urusan, Rakyat).

Adapun Program-program Jangka Pendek dan Jangka Panjang yang ditawarkan Calon Kepala Desa Janggala, Cucu Suwandana, adalah :

Program jangka pendek:
1. Pembenahan struktur pemdes yg mengacu kepada peraturan dan perundangn yg berlaku
2. Inventarisir aset desa
3. Pembenahan tata kelola BUMDES
4. Peningkatan/ pemanfaatan eks kegiatan prog DESA MANDIRI
5. Pembinaan, pembenahan,  pemberdayaan, lembaga” desa secara proporsional dan profesional
6. Melaksanakan pembangunan berdasarkan skala prioritas dgn menata kelola SDM, SDA yg ada d desa

Program jangka panjang:
1. Terpenuhinya kebutuhan dasar masyarakat desa:
– pendidikan
– kesehatan
– ketersediaan
  pangan
– infra struktur yg memadai
2. Tercipta nya kondusipitas masyarakat desa
3. Meminimalisir pungutan dana dari masyarakat
4. Memanfaatkan potensi alam dgn tepat guna
5. Menciptakan area wisata religi yg refresentatif
6. Menciptakan sentra niaga warga masyarakat desa

Editor : Deden

BAGIKAN