Dandim 0612/Tasikmalaya Beserta Ibu Fitriah Sutrisno Kunjungi Korban Bencana Alam

87

Koran-Fakta.com, (Kab.Tasikmalaya).- Dandim 0612/Tasikmalaya Letkol Inf.Ary Sutrisno S.IP, didampingi Ketua Persit KCK Cabang XXIII Kodim 0612/Tasikmalaya Ny. Fitriah Sutrisno dan , Danramil 1208/Manonjaya, Kapten Inf. Handriyono, beserta Babhinsa Desa Malatisuka Serka MT Mulayana, Kapolsek Gunungtanjung. Iptu.H.Mahmud Darmana S.H. beserta anggota Babhinkamtibmas,  Sabtu (17/10/2020) siang,  mengunjungi para korban bencana alam longsor diwilayah Desa Melatisuka Kec. Gunung Tanjung Kabupaten Tasikmalaya.

Dandim 0612/Tasikmalaya beserta rombongan disambut dan diterima langsung oleh Kepala Desa Malatisuka Asep Yosep Hermawan bersama staf Pemdes.

Dalam pertemuan di ruangan kantor Kades Malatisuka, banyak hal yang ditanyakan oleh Dandim Ary Sutrisno kepada Asep, termasuk kronologi terjadi nya bencana tanah longsor, serta pasca dampak longsor yang menimpa warganya termasuk pisikis serta penanganan selanjutnya pasca bencana kepada keluarga korban.

Menurut Kades Asep menjelaskan,  terjadinya bencana tanah longsor di desa nya, menelan korban jiwa satu orang dan mengakibatkan tiga rumah rusak dan musholah.

“Alhamdulillah kami Pemdes Malatisuka di bantu oleh pihak kepolisian TNI, BPBD, pihak kecamatan dan warga sekitar bisa mengantisipasi dan mengevakuasi korban bencana ketempat yang lebih aman,” kata Asep.

Asep melanjutkan,  dengan terjadinya bencana didesanya itu,  ternyata setalah pasca bencana itu ada hikmahnya. Banyak para penggiat sosial yang menyalurkan bantuan untuk korban bencana, termasuk dari Pemerintah Provinsi, Pemerintah kabupaten, dan pihak kepolisian dari para yayasan dan dari TNI.  Termasuk dalam hal ini  kunjungan Dandim 0612/Tasikmalaya beserta rombongan meninjau kelokasi dan dapat bersilatuhmi bertatap muka dengan para korban bencana, khususnya bertemu dengan keluarga korban bencana yang salah satu keluarganya meninggal dunia, papar Asep.

“kami atas nama warga dan pemerintahan desa banyak banyak terimakasih kepada pak Dandim yang baru khusus darinya selaku kepala desa bisa mengenal lebih dekat umumnya mewakili warga masyarakat desa Melatisuka dan keluarga korban bencana, ” ucapnya.

Sementara itu,  Dandim 0612/Tasikmalaya Letkol inf.Ary Sutrisno.S.IP, menyampaikan rasa prihatin atas terjadinya bencana tanah longsor yang menimpa warga desa Melatisuka, bela sungkawa disampaikan kepada keluarga yang salah satu meninggal dunia.

“Semoga keluarga di tinggalkan diberi ketabahan dan kesabaran atas musibah ini, akhir akhir ini di wilayah Tasikmalaya dan sekitar dalam keadaan cuaca ekstrim, dengan turun hujan intensitas tinggi, maka kami berpesan kepada Pemdes dan jajaran untuk selalu memberi himbauan peringatan kepada warganya agar selalu waspada dan hati hati akan cuaca sekarang ini, Saya, selaku Dandim berharap kepada Kepala desa dan Pemerintah terkait, relawan bencana untuk selalu tanggap akan hal ini, yaitu dimana bencana terjadi di suatu daerah/tempat apalagi sampai menelan korban jiwa, cepat respon dan laporkan ke pihak yang berwenang, untuk itu diperlukan ada tentang “Kampung Siapa”, Ronda atau siskamling itu perlu terus digalakan agar di mana ada kejadian cepat tanggap dan teratasi dengan segera, maka sangat penting kita bermitra dengan media, agar setiap hal apapun bisa cepat tersampaikan, apa lagi kaitan dengan kegiatan positif memperjuang kan untuk umum,” ungkap Dandim.

Kamipun,  masih kata Dandim,  mengucapkan terimakasih dengan telah diterimanya rombongan kami dengan baik oleh pemdes, kades serta warganya.

“Kunjungan kami ini mudah mudahan jadi  suatu amal ibadah,  sekaligus bentuk perhatian TNI serta kepedulian kemanusian yang kami berikan dalam bentuk bantuan sosial paket sembako bagi korban bencana tanah longsor di Desa Malatisuka.  Semoga bisa di manfaatkan dengan baik dan sedikit meringankan beban keluarga korban, sampaikan salam dan Do’a saya buat warga Desa Malatisuka meski kunjungan ini sebentar semoga membawa kesan dan berkah bagi kita semua,” ucap Dandim.

Pemberian paket sembako ini berupa,  beras, mie instan, minyak goreng, gulapasir dan yang lainnya.  Dan inipun berkat bantuan langsung Dari Kodam III/Siliwangi Untuk seluruh wilayah daerah Kabupaten Tasikmalaya yang dilanda Musibah Bencana baik itu Di wilayah Tasikmalaya Selatan dan Barat langsung serentak menyalurkan Melalui Koramil setempat diwilayah Kodim 0612/Tasikmalaya. 

Dan bantuan bantuan tersebut  secara simbolis telah  diserahkan oleh Dandim 0612/Tasikmalaya Letkol Inf, Ary Sutrisno S.IP. dan Ny. Fitriah Sutrisno di aula kantor Desa Malatisuka. (Tono Efendi/pendim 0612 Tasik) 

BAGIKAN