Danramil 1108/Kadungora Harapkan Petani Bisa Tingkatkan Hasil Panen.

51
Danramil 1108/Kadungora, bersama camat Kadungora saat mencoba mesin pupuk organik. (Foto oleh : Heri)

GARUT, (KF).- WILAYAH Kabupaten Garut merupakan daerah agraris, banyak sekali hamparan tanah yang dapat digunakan sebagai lahan pertanian.

Pengolahan lahan dapat dengan pemanfaatan kemajuan tekhnologi sehingga bisa menunjang pada hasil produktifitas hasil panen, demikian dikatakan Danramil 1108 Kadungora kapten. Inf Ahun saat menghadiri pelatihan pengolahan pupuk organik pada kelompok tani, kamis (2/8/2018) di Desa Hegarsari Kecamatan Kadungora Garut.

“Dalam meningkatkan hasil produktifitas pertaniannya petani harus sungguh sungguh menjalankan usahanya, bertani yang baik itu dimulai dari pengolahan tanah, pembibitan, penanaman, pemupukan, panen sampai pada pemasaran hasil produksi,” Ujarnya.

Lanjut dikatakan, Ada hal yang harus diperhatikan dalam mengolah tanah pertanian, dimana tanah memerlukan kesuburan guna menunjang pertumbuhan tanaman, diantaranya dengan memberikan pemupukan karena tanaman itu juga merupakan mahluk yang perlu mendapatkan perhatian yang baik.

“Pupuk buatan anorganik sudah banyak macamnya di kios pertanian namun akan lebih baik kalau pemupukan tanah tersebut dengan menggunakan pupuk buatan organik. Kalau ini dilakukan akan lebih murah, mengurangi modal produksi serta tetap menjaga kesuburan tanah dan dapat lebih meningkatkan nilai hasil panen” ungkapnya.

Lanjut dikatakan pihaknya berharap dengan adanya mesin pengolahan pupuk organik yang didanai dari Dana Desa ini para petani bisa diberdayakan dalam memproduksi pupuk organik. Dan tentunya dalam bertani bisa memperlakukan media tanah dan tanaman dengan baik. Sehingga bisa meningkatkan nilai produksi karena pupuk untuk menyuburkan tanah dan tanaman bisa dibuat sendiri dengan memanfaatkan media sampah ataupun jerami dan dedaunan,” Harapnya.

Laporan : Heri F

Editor : Indra R

BAGIKAN