Deddy Mizwar: Setuju Dengan Pemuteran Kembali Film…

59

GARUT, (KF).- TNI berencana memutar kembali film G30S/PKI. Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengaku setuju dengan pemutaran kembali film tersebut.

“Ya setuju-setuju aja, gak apa-apa, nonton-nonton aja,” ungkap Deddy kepada wartawan di SMKN 1 Garut, Jalan Cimanuk, Kecamatan Tarogong Kidul, Rabu (20/9).

Namun Deddy mengatakan pemutaran film yang memiliki nilai sejarah tersebut harus disesuaikan dan dibatasi umur para penontonnya.

“Ada batasan umur, karena ada sadism-nya anak-anak tidak boleh (nonton). Itu buat orang dewasa,” katanya.

Deddy juga mengaku setuju bila film tersebut diputar di televisi. “Kalaupun toh ingin tayang di tv boleh, tapi larut malam (waktunya). Jadi kan anak kecil sudah tidur,” ungkap Deddy.

Selain itu, Deddy juga mengutarakan pendapatnya terhadap protes dari sebagian kalangan yang mengecam nilai sejarah di dalam film tersebut.

“Kalau nanti ada penafsiran lagi, silahkan bikin lagi filmnya, jangan filmnya dihujat. Sejarah kan berkembang,” tegasnya.

“Tapi saya fikir seorang Arifin C. Noer memiliki integritas yang tinggi dalam membuat film, gak mungkin sembarangan. Ada tafsiran-tafsiran yang berdasarkan kajian,” pungkasnya.(J Wan)***

BAGIKAN