Desa Cikembulan Kecamatan Kadungora Serap Dana Desa dan Banprop Tahun 2019

129
Ket Foto : Drs. Dikdik Herdiana, sekretaris Desa Cikembulan Kecamatan Kadungora.

GARUT, (KF).- Dalam pengelolaan Dana Desa (DD) tahun 2019, khususnya desa Cikembulan Kecamatan Kadungora Kabupaten Garut. Sudah sesuai dengan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) tahun 2019 yang telah disusun berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) yang dialokasikan sesuai dengan aspek memajukan pembangunan desa yang mampun membantu masyarakat desa.

“Hal itu tentunya diprioritaskan untuk membangun infrastruktur jalan desa dan trap tembok penyanggah tanah (TPT) sungai Cigunung Agung, guna membantu aspek pembangunan dan perkembangan roda perekonomian di desa.” Ujar Drs. Dikdik Herdiana, sekretaris Desa Cikembulan Kecamatan Kadungora saat ditemui koran-fakta.com diruang kerjanya kamis (11/7/2019).

Pihaknya, mengatakan bahwa penyerapan dana desa tahap dua kali ini direalisasikan sekitar dua kegiatan pembangungan fisik diantaranya (1) Hotmix jalan desa yang beralokasikan didaerah dusun tiga Kampung Pojok dengan meliputi tiga RW yang merupakan batas Desa Cikembulan dengan Desa Harumansari, sebelah selatannya batas desa Cikembulan dan desa Karang Anyar Kecamatan Leuwigoong.

“Panjang Hotmix jalan desa tersebut kurang lebih 800 meter dan meyerap anggaran senilai Rp. 421.900.000,-
(2) Trap Tembok Penyanggah Tanah (TPT) sugai Cigunung Agung yang beralokasikan diwilayah dusun dua Kampung Jati RW 5 dengan dana anggaran senilai Rp. 7.593.000,- yang terserap senilai Rp. 63.111.000,- dengan sisa anggaran belum terserap senilai Rp. 12.823.000,-. Sisa anggaran itu rencananya untuk pendamping anggaran Hotmix jalan desa yang ditilai membutuhkan perkembangan nilai dana pembangunan”, katanya

Masih kata Dikdik yang lebih akrab dipanggil nama Cepi, selain dari dana desa masih ada anggaran yang harus terserap tahun 2019 ini di desa Cikembulan Kecamatan Kadungora yaitu dana Batuan Propinsi Jawa Barat (BANPROP) senilai Rp. 127.288.000,- dana tersebut sesuai rencana penyerapannya dialokasikan pada rehab lanjutan kantor desa senilai Rp. 94.688.000,- Tunjangan Pendapatan Aparatur Desa (TPAPD) senilai Rp. 1.500.000,- sapa warga senilai Rp. 17.600.000,- Sapa warga ini merupakan program bantuan baru Propinsi Jawa Barat untuk pembelanjaan Smartphone senilai Rp. 1.300.000 berikut dipotong pajak dan pembelanjaan pulsa, nantinya smartphone akan dibagikan ketiap-tiap ketua RW.

Sementara untuk wilayah desa Cikembulan sejumlah sepuluh RW. Lanjut Dikdik, Dengan terserapnya dana desa dan dana Bantuan Proprinsi Jawa Barat yang diprioritaskan pada sektor pembangunan insprastruktur Hotmix Jalan Desa, warga Desa Cikembulan kelihatannya sangat antusias dan kedepannya berharap dengan akses jalan desa yang baik akan meningkatkan roda perekonomian desa dan meningkatnya pelayanan publik. Pungkasnya (Agus Suhana)

Editor : Indra Ramdani

BAGIKAN