Desa Mekargailh, Kecamatan Tarogong Kidul Bakal Rangkul Paragita Tuk Jadikan Sampah Menjadi Berkah.

178
Ket foto: Kendaraan pengangkut sampah milik warga Desa Mekargailh. (Foto Istimewa)

GARUT, (KF).- Warga Desa Mekargailh, Kecamatan Tarogong kidul, Kabupaten Garut, kini memiliki mobil pengangkut sampah. Mobil tersebut merupakan bantuan hibah dari masyarakat di desa mekargailh yang peduli akan lingkungan Desa

“Meningkatnya jumlah penduduk dan semakin tingginya tingkat konsumsi, tidak sebanding dengan ketersediaan tempat pembuangan sampah.”Ujar Idad saat ditemui koran-fakta.com di sela-sela kegiatan Jum’at bersih.

Lanjut Idad, pihaknya optimistis adanya mobil sampah milik Desa Mekargailh akan sangat membantu dalam pengangkutan sampah.

“Mudah-mudahan bisa menjadi pelopor Desa Mekargailh bersih yang bisa ditiru Desa-desa lainnya di kabupaten Garut,” katanya.

Warga serta PJs.Kepala Desa Mekargailh saat kerja bakti rutin setiap hari Jum’at.

Lebih jauh lagi disampaikan, Idad pihaknya
mengingatkan bahwa persoalan sampah tidak hanya tanggungjawab petugas kebersihan, tetapi juga semua lapisan masyarakat.

“Kita bersama-sama dengan masyarakat mengangkut sampah, untuk dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir TPA Pasir Bajing, sambungannya yang dibuang ke TPA itu merupakan sampah yang tidak bisa diolah namun kalau sampah yang masih bisa diolah kita kumpulkan dan nantinya akan dijadikan bahan untuk kerajinan. Jadi intinya sampah kita jadikan berkah, bukan sumber masalah,” ungkapnya.

Foto istimewa

Selanjutnya, Desa Mekargailh inipun rencananya akan bekerja sama dengan Yayasan PARAGITA, Pungkasnya.

Laporan : Indra R

Editor : Van’s

BAGIKAN