Di Tangan Karang Taruna Kecamatan Cibatu, Sampah Dapat Bernilai Ekonomis.

122
Ket foto: Keset yang dibuat karang taruna kecamatan Cibatu dari bahan limbah yang kini memiliki nilai ekonomis.

GARUT, (KF).- SAMPAH Tak Selamanya identik dengan masalah. Melalui pemanfaatan dan pengolahan yang baik, sampah dapat bernilai ekonomis. Seperti yang dilakukan Karang Taruna Kecamatan Cibatu, Kabupaten Garut, Jawabarat.

Ketua Karang Taruna Cibatu, Agung Sakti Gumilar. Mengakui Banyaknya sampah/limbah yang menumpuk diwilayah kecamatan Cibatu menjadi dasar keberangkatan karang taruna kecamatan Cibatu, untuk berinovasi menciptakan sebuah kerajinan yang bernilai ekonomis.

” Awalnya saya lihat banyak tumpukan sampah diwilayah kami, dan kami mencoba mengolah sampah atau limbah tersebut menjadi sebuah Kerajinan yang memiliki nilai ekonomis,” Ujar atlit bulutangkis yang akrab disapa Agung. Saat ditemui koran-fakta.com Selasa(3/4/2018) Siang.

Ket foto: Saat pembuatan kerajinan dari limbah samapak kantong Kok, Yang dibuat menjadi celengan.

Lanjut dikatakan, pihaknya memiliki tema khusus dalam pengolahan sampah yang kini memiliki nilai ekonomis, yakni “Merubah Sampah Menjadi Emas”

” Alhamdulillah kita pun dapat bantuan mesin jahit dari kepala Desa kami, sehingga kami juga saat ini bisa membuat kerajinan seperti taplak meja, dan keset serta kerajinan lainnya yang di buat dari bahan daur ulang, seperti dari limbah kantong kok,” jelasnya.

Alhamdulillah, karang taruna saat ini membina pemuda-pemuda yang putus sekolah, sehingga kerajinan yang memiliki nilai ekonomis tersebut juga dapat membantu memberdayakan mereka.

Penulis : Indra R

Editor : Van’s

BAGIKAN